Uraian Tugas Dan Tanggung Jawab Mekanik Engine Alat Berat

Uraian Tugas Dan Tanggung Jawab Mekanik Engine Alat Berat. Deskripsi Tugas / Jabatan Kerja adalah melaksanakan pemeliharaan, perbaikan trouble shooting engine alat berat dan membat laporan pekerjaan.

Baca Juga : Uraian tugas mekanik kapal keruk
Uraian Tugas Dan Tanggung Jawab Mekanik Engine Alat Berat

Uraian Tugas Mekanik Engine Alat Berat

1. Menerapkan Keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan hidup (K3-LH) yang antara lain adalah mengidenifikasi potensi bahaya dan resiko kecelakaan kerja dengan cermat, menentukan dampak dari kecelakaan kerja dan menghidarinya, menerapkan semua prosedur K3-LH dan mengikuti sosialisasi dan penjelasan K3-LH yang diberikan.


2. Menerapkan komunikasi di tempat kerja yang antara lain adalah menerima dan menyalurkan informasi, menyampaikan dan menerima informasi dengan baik, menerapkan system pelaporan sesuai prosedur.

3. Menerapkan Kerja sama ditempat kerja yang antara lain adalah mengidentifikasi tujuan dan peran kelompok serta memberikan kontribusi efektif dan tepat dalam pertemuan kelompok.


4. Mengidentifikasi komponen utama engine yang antara lain adalah melakukan identifikasi spesifikasi teknik engine dan mengidentifikasi struktur dan fungsi system mekanis, system bahan bakar, system pelumasan, system pendingin dan system udara masuk dan gas buang engine.

5. Melaksanakan pemeliharaan engine yang antara lain adalah melakukan identifikasi spesifikasi teknis engine, melakukan identifikasi system pada engine, meyiapkan tools, suku cadang dan bahan yang dipergunakan serta melaksanakan pemeriksaan, pengukuran dan penyetelan serta penggantian suku cadang.


6. Melaksanakan Perbaikan ringan (minor repair) engine yang antara lain adalah mempelajari surat perintah kerja perbaikan, menyiapkan buku panduan/shop manual yang sesuai ,membongkar dan membershkan komponen yang akan diperbaiki. Memeriksa dan menganalisa kerusakan komponen, menyusun dan mengajukan suku cadang yang diperlukan, memeriksa kesesuaian dan memasang suku cadang yang diperlukan dan menguji hasil perbaikan.

7. Melaksanakan Perbaikan (Major Repair) engine yang antara lain adalah mempelajari surat perintah kerja perbaikan, menyiapkan buku panduan/shop manual yang sesuai membongkar engine sesuai prosedur, memeriksa dan menganalisa kerusakan komponen serta menyusun dan mengajukan suku cadang yang diperlukan.


8. Menganalisa dan mengatasi gangguan (trouble shooting) engine alat berat yang antara lain adalah mempelajari surat perintah kerja perbaikan, menyiapkan buku panduan/shop manual yang sesuai, membongkar komponen yang akan diperbaiki, memeriksa dan menganalisa kerusakan komponen, menyusun dan mengajkan suku cadang yang diperlukan, memeriksa kesesuaian dan memasang suku cadang yang diperlukan dan menguji hasil perbaikan.

9. Membuat Laporan Pekerjaan yang antara lain adalah mengkompilasi data dari semua proses pekerjaan, menyusun data kedalam form laporan dan menyampaikan laporan pekerjaan kepada atasan.