Tugas Mekanik Heating, Ventilation & Air Condition (HVAC)

Uraian Tugas Mekanik Heating, Ventilation & Air Condition (HVAC). (Mekanik Pemanasan Ventilasi dan Pengkondisian Udara). Deskripsi Jabatan Kerja adalah mekanik system tata udara yang menliputi pekerjaan pemasangan unit system tata udara domestic (unit Paket) serta merepasi dan memperbaiki system tata udara komersil dan domestic.
Tugas Mekanik Heating, Ventilation & Air Condition (HVAC)

Uraian Tugas Mekanik Heating, Ventilation & Air Condition (HVAC). (Mekanik Pemanasan Ventilasi dan Pengkondisian Udara).
  1. Menerapkan Keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan hidup (K3-LH) yang antara lain adalah mengevaluasi bahaya dan resiko kecelakaan kerja, mengendalikan bahaya dan resiko kecelakaan kerja serta meningkatkan kepedulian terhadap pelaksanaan K3-LH.
  2. Menerapkan Komunikasi di tempat kerja yang antara lain adalah menginterprestasikan dan menyampaikan informasi di tempat kerja, berkomunikasi dengan teman sejawat dan pelanggan serta menerapkan pencatatan sesuai tugas di tempat kerja.
  3. Menerapkan kerja sama ditempat kerja yang antara lain adalah mengidentifikasi tujuan da peran dalam kelompok kerja, mengidentifikasi tugas dan tangung jawab setiap anggota dalam kelompok serta melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawabnya dalam kelompok.
  4. Mengidentifikasi Komponen_komponen Utama HVAC yang antara lain adalah Gambar kerja Jaringan HVAC diidentifkasi dan diinterpretasikan untuk mengetahui keluasan wilayah kerja, Mengidentifikasi Spesifikasi Teknik HVAC, mengidentifikasi alat ukur dan alat uji system eektrik dan mekanik serta mengidentifikasi struktur dan fungsi pada system mekanik dan elektrik.
  5. Melaksanakan Pemasangan Sistem HVAC yang antara laina adalah mempersiapkan untuk melaksanakan pekerjaan perbaikan, Pemeriksaan Lokasi Peletakan Unit Heating, Ventilation dan Air Conditioning, Memastikan dudukan sudah sesuai dengan kebutuhan, memeriksa perangkat system HVAC. Meletakkan Unit Heating, Ventilation & Air Conditioning pada dudukannya. Pemasangan unit heating, ventilation & Air Conditioning, serta Pengujian system ventilasi dan refrigerasi
  6. Melaksanakan Pemeliharaan Unit HVAC yang antara lain adalah mempersiapkan alat-alat bantu pemeliharaan yang dibutuhkan, melaksanakan pmeriksaan harian terhadap beberapa parameter inti yaitu temperature dan tekanan, melaksanakan pemeriksaan berkala terhadap unit refrigerasi, melaksanakan perawatan berkala terhadap system heating, Ventilation & Air Conditioning, melaksanakan penggantian suku cadang dan media pendingin.
  7. Melaksanakan Perbaikan Unit HVAC yang antara lain adalah mengidentifikasi dan menginterpretasikan surat perintah kerja perbaikan, menyiapkan buku panduan dan tools yang sesuai dengan pekerjaan yang akan dilakukan, menginspeksi kerusakan, mengidentifikasi kerusakan, menyiapkan peralatan dan melaksanakan perbaikan.
  8. Membuat Laporan Pemasangan, Pemeliharaan Dan Perbaikan Unit HVAC yang antara Lain Adalah membuat Laporan Kegiatan Pemasangan Unit HVAC, Laporan Kegiatan Pemeliharaan Unit HVAC dan Laporan Kegiatan Perbaikan Unit HVAC.