Uraian Tugas Operator Motor Grader

Uraian Tugas Dan Tanggung Jawab Operator Motor Grader (Motor Grader Operator). Seseorang yang memiliki profesi ini harus dapat melaksanakan pemeliharaan harian dan pengoperasian motor grader sesuai petunjuk dengan benar dan aman serta membuat laporan operasi dan K3 (Keselamatan Dan Kesehatan Kerja).

Uraian Tugas Operator Motor Grader


Berikut adalah Uraian Tugas Operator Motor Grader
  1. Menerapkan UUJK (Undang-Undang Jasa Konstruksi), K3 dan ketentuan pengendalian dampak lingkungan yang antara lain adalah menerapkan ketentuan UUJK sesuai dengan posisi dan peranannya, Memakai alat pelindung diri sesuai dengan standar K3, menggunakan perlengkapan keselamatan kerja sesuai dengan prosedur, melaksanakan pemeliharaan dan pengoperasian dengan prosedur yang aman, menerapkan ketentuan pengendalian dampak lingkungan
  2. Melaksanakan pemeliharaan harian sesuai dengan petunjuk pemeliharaan yang antara lain adalah melakukan pemeriksaan keliling (Walk Arround Inspection), melakukan pemeriksaan kondisi alat kendali, melakukan pemeriksaan bahan bakar pelumas air pendingin dan batere, melakukan pemeliharaan sebelum engine dihidupkan, melaksanakan pemeriksaan setelah engine hidup, melakukan pengujian fungsi alat kendali, melakukan pemeriksaan selama operasi serta melakukan pemeliharaan setelah pengoperasian.
  3. Mengoperasikan motor grader sesuai dengan aplikasi dan teknik operasi yang benar untuk jenis pekerjaan konstruksi tertentu dengan produksi minimal 65% dari standar produk (kelas II) antara lain adalah Melakukan leveling dengan produksi minimal 65% dari standar produk, menghampar material dengan produksi minimal 65% dari standar produk, melakukan ripping dengan produksi minimal 65% dari standar produk.
  4. Mengoperasikan motor grader sesuai dengan aplikasi dan teknik operasi yang benar untuk jenis pekerjaan konstruksi tertentu dengan produksi minimal 85% dari standar produk (kelas I) yang antara lain adalah melakukan leveling dengan produksi minimal 85% dari standar produk, melakukan ripping dengan produksi minimal 85% dari standar produk. Membuat prit (ditching) dengan kualitas baik, membuat slope (Bank Cutting) dengan kualitas Baik,
  5. Membuat Operasi dan K3 yang antara lain adalah membuat laporan K3, mengisi laporan harian operasi dan menyampaikan laporan operasi kepada pengawas lapangan.

0 Response to "Uraian Tugas Operator Motor Grader"