Uraian Tugas Operator Penyemprot Aspal

Uraian Tugas Dan Tanggung Jawab Operator Penyemprot Aspal. Definisi jabatan Operator Penyemprot Aspal Bitumen Sprayer Operator) dapat menoperasikan mesin penyemprot aspal untuk menghasilkan lapisan aspal dengan ketebalan tertentu pada daerah kerja yang telah ditentukan. 

Uraian Tugas Dan Tanggung Jawab Operator Penyemprot Aspal

Pengetahuan yang harus diperhatikan oleh Operator Penyemprot Aspal adalah
  1. Struktur dan fungsi mesin penyemprot aspal
  2. Teknik dasar pengoperasian mesin penyemprotan aspal
  3. Teknik aplikasi pengoperasian mesin penyemprot aspal
  4. Keselamatan dan kesehatan kerja
  5. Pemeliharaan harian mesin penyemprot aspal
  6. Pengusutan gangguan sederhana pada mesin penyemprot aspal
  7. Perhitungan produksi mesin penyemprot aspal
  8. Jenis dan sifat material aspal
  9. Bahasa isyarat dan rambu-rambu
  10. Aritmatika
  11. Laporan operasi
Berikut adalah Uraian Tugas Operator Penyemprot Aspal.
  1. Memasang dan menyetel pipa penyemprot dan nosel serta memeriksa hasil penyemprotan aspal dengan mengatur katup aliran aspal antara lain adalah memasang pipa/bar penyemprot nozel, menyetel tinggi rendahnya batang/pipa penyemprot. Menyetel arah penyemprotan nozel dan melakukan test penyemprotan aspal.
  2. Mengisi aspal kedalam tangki distributor dan menjaga temperaturnya yang antara lain adalah mengisi aspal dari ketel atau drum kedalam tangki distributor serta memanaskan aspal dalam distributor.
  3. Menyemprotkan aspal ke permukaan jalan dengan ketebalan tertentu dengan memberi aba-aba kepada pengemudi distributor aspal untuk menjaga kecepatan yang antara lain adalah mengatur kecepatan maju aspal distributor serta memonitor hasil penyemprotan aspal.
  4. Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja dilingkungan kerja yang antara lain adalah memakai perlengkapan keselamatan kerja serta memeriksa perlatan keselamatan dan menyiapkan material
  5. Melaksanakan pemeliharaan harian mesin dan penyemprotan aspal yang antara lain adalah melakukan pemeriksaaan mesin dan pompa aspal, menghidupkan mesin pompa aspal serta membilas pompa aspal dan pipa-pipa setelah selesai operasi
  6. Membuat Laporan Operasi yang antara lain adalah mencatat berat aspal sebelum dan sesudah operasi serta menandatangani laporan.

0 Response to "Uraian Tugas Operator Penyemprot Aspal"