Uraian Tugas Operator Tower Crane

Uraian Tugas Dan Tanggung Jawab Operator Tower Crane (Tower Crane Operator).  Uraian jabatan dari profesi ini adalah pekerjaan yang menyangkut keterampilan mempersiapkan operasi dan mengoperasikan tower crane antara lain adalah menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) selama pemeliharaan dan pengoperasian Tower Crane, dapat menguasai komponen utama Tower crane dan fungsinya, serta menguasai bahasa isyarat/kode-kode dan alat komunikasi (HT) dari rigger, melaksanakan perawatan harian.

Uraian Tugas Dan Tanggung Jawab Operator Tower Crane (Tower Crane Operator)

Berikut adalah  Uraian Tugas Uraian Tugas Dan Tanggung Jawab Operator Tower Crane
  1. Menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) selama pemeliharaan dan pengoperasian Tower Crane yang antara lain adalah menyiapkan penerapan prosedur keselamatan dan kesehatan kerja, memeriksa perlengkapan K3, menggunakan perlengkapan K3,.
  2. Menguasai Nama Komponen Utama Tower Crane dan Fungsinya yang antara lain adalah Mengetahui nama komponen utama, alat kendali dan suplai daya. Memahami fungsi komponen utama, alat kendali, dan suplai daya. Memahami kegunaan asesoris untuk pengoperasian.
  3. Menguasai Bahasa Isyarat/kode-kode dan alat komunikasi (HT) dari rigger yang antara lain adalah menguasai bahasa isyarat dalam pengoperasian, menguasai komunikasi radio (HT) dan menggunakan bahasa isyarat dan komunikasi radio.
  4. Melaksanakan Perawatan harian sesuai petunjuk perawatan yang antara lain adalah melaksanakan perawatan harian sebelum operasi, mengidentifikasi kelainan operasi dan memeriksa alat kendali dan instrument.
  5. Melaksanakan pengoperasian Tower Crane dan aplikasinya serta teknik operasi yang benar sesuai kapasitas angkat yang ditentukan antara lain adalah menyiapkan pengoperasian Tower Crane, mengoperasikan tower Crane dan menghentikan operasi tower crane
  6. Membuat Laporan Harian yang antara lain adalah menyiapkan dan membuat laporan harian operasi, menyiapkan dan membuat laporan Harian K3 dan menyampaikan laporan harian kepada atasan langsung.