Uraian Tugas Pekerja Aspal Jalan

Uraian Tugas Dan Tanggung Jawab Pekerja Aspal Jalan (Road Asphal Worker).  Dalam melaksanakan pekerjaan aspal maka harus dapat melakukan pekerjaan aspal panas didaerah yang tidak dapat terjangkau alat penggelar aspal, perapihan akhir setelah pelapisan oleh penggelar aspal dan termasuk pekerjaan pemeliharaan jalan.
Uraian Tugas Dan Tanggung Jawab Pekerja Aspal Jalan (Road Asphal Worker)

Berikut adalah Uraian tugas Pekerja Aspal Jalan (Road Asphal Worker). 
  1. Membersihkan permukaan jalan sebelum menghampar aspal pada permukaan jalan yang antara lain adalah membersihkan badan jalan dari lumpur dan debu atau kotoran, mengeringkan jalan dari genangan air serta memeriksa saluran air.
  2. Mengaduk aspal panas atau dingin dan menyiramkan diatas permukaan jalan sebagai lapis pengikat antara lain adalah mengaduk aspal hingga merata dalam ukuran tertentu. Mencampur aspal emulsi dengan air sesuai campuran yang dipersyaratkan. Menyiram aspal panas / dingin hingga merata dipermukaan jalan.
  3. Mengoperasikan selang aspal distributor/aspal sprayer untuk menghampar aspal sebagai teak coating sebelum overlay dimulai antara lain adalah mengatur nozel aspal distributor, mengisi campuran emulsi atau aspal panas sesuai dengan campuran yang dipersyaratkan. Serta menyemprotkan aspal dipermukaan jalan secara merata dengan ketebalan yang dipersyaratkan.
  4. Mengangkat pintu dump truck untuk menuangkan aspal kealat penggelar (Paver), atau menebar aspal panas keatas permukaan jalan yang kurang merata. Antara lain adalah membuka pintu dump truck, menebar aspal panas dibelakang alat penghampar apabila kurang merata. Meratakan dan merapihkan hamparan dibelakang alat penghampar dengan alat penggaruk.
  5. Memotong dan membongkar permukaan jalan yang rusak dengan peralatan mesin atau manual dan untuk merapikan tepi perkerasan antara lain adalah memeriksa kerusakan badan jalan, memberikan tanda batas-batas kerusakan, membongkar badan jalan yang rusak dengan alat pemotong dan belincong serta merapikan tepi perkerasan yang rusak.
  6. Menghampar aspal panas didaerah yang tidak dapat dilaksanakan mesin penghampar dengan menggunakan penggaruk dan pemadat tangan, antara lain mengisi lubang-lubang dijalan dengan aggregate / batu kerikil, memadatkan batu kerikil dengan air pemadat tangan, menyiram aspal panas atau emulsi keatas permukaan batu kerikil, menghampar hot mix diatas batu kerikil, melaksanakan perapihan dibelakang penghampar saat overlay serta menghampar aspal hotmix secara manual didaerah-daerah yang tidak dapat dilaksanakan mesin penghampar.
  7. Memasang dan membongkar pengaman jalan antara lain memilih bahan / peralatan pengaman jalan, memasang bahan/ peralatan pengaman jalan, serta membongkar bahan / peralatan pengaman jalan.
  8. Memindahkan peralatan kerja dan membersihkan lokasi pekerjaan antara lain adalah memindahkan peralatan kerja, menyimpan perlatan kerjam membersihkan lokasi pekerjaan.
  9. Mengatur Lalu Lintas antara lain menyiapkan rambu-rambu kerja, memasang rambu-rambu tanda kerja serta mengatur arus kendaraan.

0 Response to "Uraian Tugas Pekerja Aspal Jalan"