Uraian Tugas Pelaksana Lapangan Perpipaan Air Madya

Uraian Tugas Dan Tanggungjawab Pelaksana Lapangan Perpipaan Air Madya.  Pelaksana lapangan ini adalah tenaga pelaksana yang terampil dibidang perpipaan. Uraian singkat pekerjaan yang antara lain adalah :
  1. Perpipaan Air Minum, air bersih, air baku untuk air minum, air limbah, drainase dan irigasi.
  2. Standar kompetensi keterampilan dan keahlian ini diarahkan untuk para kontraktor golongan menengah kebawah dan pekerjaan pemasangan perpipaan 600 mm kebawah.
  3. Pelaksana lapangan pekerjaan konstruksi perpipaan meliputi : pengetahuan yang terkait dengan air, pengelolaan proyek memasang pipi jaringan dengan berbagai jenis pipa, memasang pipa sambuangan langganan dan pengujian sambungan pipa.
  4. Menyiapkan bahan, alat dan perlengkapan pekerjaan penggalian tanah, pemasangan pipa accesories, pekerjaan bangunan pipa, pengetesan sambungan pipa, pengurungan dan perbaikan kembali bekas galian.
  5. Memeriksa gambar rencana dan spesifikasi lainnya dari pada gambar bagan yang dipaia sebagai acuan teknis dalam pelaksanaan pekerjaan dimaksud.
  6. Pekerjaan galian tanah meliputi : membuat acuan dan penyiapan patok dalam rangka pekerjaan galian tanah, menumpuk tanah, galian dan material lainnya diluar/disamping galian, membuang sisa galian tanah, membuat alat dan perlengkapan penahan galian bila diperlukan, menyiapkan pompa dan memompa air dalam galian bila diperlukan.
  7. Pekerjaan pemasangan pipa dan accesoris meliputi handling yaitu penerimaan, pengangkutan dan peletakan pipa dan accesories disepanjang galian, pengukuran dan penetapan panjang section pasangan pipa, memotong pipa, membersihkan ujung-ujung pipa yang akan disambung, memeriksa dan menguji pipa dari kemungkinan adanya kerusakan, retak, somplak lining pipa yang terkelupas, meyambung pipa sesuai dengan sambungannya, dan sambungan pipa dinas, sambungan langganan, memasang accesories pipa sesuai dengan perletakannya membuat adukan untuk perekat (spesi), plester dan beton, mengecor beton untuk trust block, bangunan-bangunan pipa (bak control, pelepas tekanan, jembatan pipa shyphon), menyiapkan konstruksi baja/besi profil untuk landasan perletakan pipa pada pembatas pipa dan pengurungan sebagian pada batang-batang pipa yang sudah terpasang.
  8. Pekerjaan pengetasan sambungan pipa meliputi penyiapan alat dan perlengkapan flens spigot, flens sock, gibolt joint, plat baja penutup flens ujung pipa, konstruksi stood (penekan) tekanan diujung-ujung section pipa yang ditest, pipa input dan output tekanan, kran, manometer, pompa air dan compresor, jam wacker (timer) alat ukur literan air dan lembar berita acara hasil test
  9. Pengurugan kembali dan perbaikan bekas galian meliputi : pengurungan tanah pada sambungan-sambungan pipa dan accesories pengangkutan dan pembuangan axcess material galian, pemadatan galian, pelapisan permukaan bekas galian dengan pasir dan batu kerikil sesuai dengan konstruksi/alat yang ada, pengaspalan jalan sehingga kembali pada kondisi semula.
Uraian Tugas Pelaksana Lapangan Perpipaan Air Madya

Beikut adalah Uraian Tugas Pelaksana Lapangan Perpipaan Air Madya yang antara lain adalah
  1. Menghitung dan membuat kebutuhan bahan (pekerjaan beton pipa, accesories (bahan perlengkapan), alat perlengkapan pekerjaan dan tenaga kerja yang akan dilaksanakan sesuai dengan spesifikasi teknis
  2. Membuat rencana jadwal pelaksanaan pekerjaan perpipaan air
  3. Melakukan Pengamanan Dalam Handling (penanganan, pengangkutan, dan penyimpanan)pipa air.
  4. Membuat pekerjaan tanah meliputi trase pipa, penggalian, pengurungan dan perbaikan kembali bekas galian seperti kondisi semula
  5. Melakukan pemotongan dan penyambungan pipa air sesuai persyaratan
  6. Melakukan pekerjaan pemasangan dan penyambungan pipa termasuk accesories yang sesuai dengan persyaratan
  7. Melakukan pekerjaan pemasangan sambungan langganan (SR, HU, Dll) sesuai persyaratan
  8. Melakukan pekerjaan pengujian sambugan pipa air dan accesories yang telah terpasang sesuai persyaratan
  9. Membuat laporan pelaksanaan pekerjaan pemasangan pipa air meliputi (harian, mingguan, bulanan, akhir)

0 Response to "Uraian Tugas Pelaksana Lapangan Perpipaan Air Madya"