Tugas Dan Tanggungjawab Staff Akunting

Tugas Dan Tanggungjawab Staff Akunting. Staf Akunting (acconting staff) adalah merupakan sebuah jabatan di dalam sebuah perusahaan. Jabatan tersebut memiliki tugas dan tanggungjawab terhadap semua laporan keuangan. Laporan keuangan tersebut bukan dalam bentuk ucapan, namun disampaikan secara tertulis. Selain membuat laporan keuangan secara tertulis, seorang staf akunting juga harus paham dengan perpajakan.

Tugas Dan Tanggungjawab Staff Akunting


Fungsi dan tugas Staff Akunting

  1. Sebagai penjaga asset atau kekayaan organisasi/perusahaan
  2. Melakukan catatan setiap transaksi ekonomi lembaga sesuai prinsip akuntansi yang berlaku di Indonesia
  3. Menyajikan laporan keuangan organisasi atau informasi sesuai standar pelaporan PSAK no. 45 yang mudah dibaca dan dimengerti oleh pemakai untuk mengambil keputusan Dalam memenuhi fungsi dan tugas bagian akunting,

TanggungJawab Staff Akunting

  1. Memverifikasi data keuangan atau dokumen ekonomi organisasi sesuai dengan prosedur yang berlaku di organisasi dan kelengkapan dokumen dengan alat bantu Dokumen Transaksi
  2. Mencatat dokumen ekonomi secara double entry system (sistem pencatatan akuntansi) dengan alat bantu Form Jurnal
  3. Mengelompokan sesuai dengan jenis transaksi ke dalam masing-masing buku besar dengan alat bantu Buku Besar
  4. Mengklasifikasikan buku besar sesuai dengan klasifikasi akuntansi dengan alat bantu Neraca Saldo
  5. Melakukan Rekonsiliasi dan penyesuaian  bersama kasir dengan alat bantu Buku kas, buku bank, rekening Koran/buku tabungan, daftar aktiva tetap dan transaksi moneter lainnya.
  6. Menyusun laporan atau informasi keuangan sesuai standar pelaporan akuntansi dan kebutuhan para pemakai internal dengan alat bantu Standar Laporan Akuntansi dan Format Laporan lainnya.

0 Response to "Tugas Dan Tanggungjawab Staff Akunting"