Tukang Kayu Konstruksi

Tukang Kayu Konstruksi. Uraian Jabatan ini adalah Merakit dan memasang perancah dan bekisting, rangka atap kuda-kuda, tangga dan railing, konstruksi lantai dan penutupnya, dinding kayu serta memasang dan menyetel kusen pintu dan jendela, rangka plafon dan penutup plafon berdasarkan gambar kerja, spesifikasi teknik dan instruksi kerja.

Uraian Tugas Kayu Konstruksi

  1. Melaksanakan Persyaratan Kesehatan dan Keselamatan Kerja & Lingkungan (K3L), serta Peraturan Perundang-Undangan yang terkait dengan Pelaksanaan Pekerjaan. Tahap ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk menjalankan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan selama melakukan pekerjaan konstruksi kayu.
  2. Melakukan Komunikasi Timbal Balik di Tempat Kerja. Hal ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk melakukan komunikasi timbal balik di tempat kerja.
  3. Menggunakan Peralatan Manual dan Peralatan Listrik. Hal ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk menggunakan peralatan manual dan peralatan listrik pada pekerjaan kontruksi kayu. ini berlaku untuk melakukan pemilihan, penggunaan dan pemeliharaan terhadap peralatan pekerjaan konstruksi kayu baik yang bersifat manual maupun peralatan listrik pada Bangunan gedung dan perumahan
  4. Melaksanakan Pekerjaan Persiapan Konstruksi Kayu. Hal ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan persiapan konstruksi kayu. ni berlaku untuk melakukan persiapan proses konstruksi kayu sesuai dengan gambar kerja dan instruksi kerja dalam melakukan pekerjaan persiapan konstruksi kayu pada bangunan dan gedung dan perumahan.
  5. Membuat Komponen Konstruksi Kayu. Hal ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk membuat komponen konstruksi kayu. ini berlaku untuk melakukan pekerjaan membuat komponen kayu konstruksi berdasarkan gambar kerja dan/atau instruksi kerja dalam melaksanakan pekerjaan kayu konstruksi pada bangunan gedung dan perumahan.
  6. Memasang Perancah dan Bekisting Kayu. Hal ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk memasang perancah dan bekisting kayu. ni berlaku untuk melaksanakan pekerjaan memasang perancah dan bekisting kayu, pada bangunan gedung dan perumahan.
  7. Memasang Rangka Plafon dan Penutup Plafon. Hal ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk memasang rangka plafon dan penutup plafon. ini berlaku untuk melaksanakan pekerjaan memasang rangka plafon dan penutup plafon, pada bangunan gedung dan perumahan.
  8. Merakit Kuda-kuda dan Memasang Rangka Atap. Hal ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk merakit kuda-kuda dan memasang rangka atap. ini berlaku untuk melaksanakan pekerjaan merakit kuda-kuda dan memasang rangka atap, pada bangunan gedung atau perumahan.
  9. Memasang dan Menyetel Kusen, Daun Pintu, dan Jendela. Hal ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk memasang dan menyetel kusen, daun pintu dan jendela. ini berlaku untuk melaksanakan pekerjaan memasang dan menyetel kusen, daun pintu dan jendela, pada bangunan gedung dan perumahan.
  10. Merakit dan Memasang Tangga serta Railing Kayu. Hal ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk merakit dan memasang tangga serta railing kayu. ini berlaku untuk melaksanakan pekerjaan merakit dan memasang tangga serta railing kayu pada bangunan gedung dan perumahan.
  11. Merakit dan Memasang Konstruksi Lantai Kayu. Hal ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk merakit dan memasang konstruksi lantai kayu. ini berlaku untuk melaksanakan pekerjaan merakit dan memasang konstruksi lantai kayu pada bangunan gedung dan perumahan.
  12. Memasang Lantai Parket. Hal ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk memasang lantai parket. ini berlaku untuk melaksanakan pekerjaan memasang lantai parket pada bangunan gedung dan perumahan.
  13. Merakit dan Memasang Dinding Kayu. Hal ini berhubungan dengan pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang dibutuhkan untuk merakit dan memasang dinding kayu. ini berlaku untuk melaksanakan pekerjaan merakit dan memasang dinding kayu pada bangunan gedung dan perumahan.

Referensi
Keputusan menteri ketenagakerjaan republik indonesia nomor 85 tahun 2015 tentang penetapan standar kompetensi kerja nasional indonesia kategori konstruksi golongan pokok konstruksi gedung pada jabatan kerja tukang kayu konstruksi

0 Response to "Tukang Kayu Konstruksi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel