Uraian Tugas Tukang Pasang Bata (Tukang Bata)

Tugas Tukang Pasang Bata / Dinding / Bricklayer / Bricklaying (Tukang Bata). Pekerjaan pasangan bata merupakan pekerjaan utama dalam membangun atau membuat bangunan. Lebih dari 50% permukaan bangunan diisi oleh dinding. Untuk itu tenaga kerja harus terampil dan kompeten dalam membuat pasangan dinding, karena akan menentukan kualitas bangunan.

Uraian Tugas Tukang Pasang Bata (Tukang Bata)

Uraian Tugas Tukang Pasang Bata (Tukang Bata)

Menyiapkan Material dan Peralatan Pekerjaan Pasangan Bata
Tahap ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam menyiapkan material dan peralatan pekerjaan pasangan bata. Penerapannya tercermin dari seluruh rangkaian kegiatan kerja tukang pasang bata yang meliputi persiapan material, rencana tempat kerja.

Menyiapkan Tata Letak Area Pekerjaan
Tahap ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam menyiapkan tata letak area pekerjaan. Dalam menentukan lokasi pekerjaan perlu memasang bowplank, profil untuk pondasi, profil kolom batu bata untuk dasar kolom, serta pekerjaan dasar dinding batu bata.

Membuat Mortar untuk Pekerjaan Pasangan Bata
Tahap ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam membuat mortar untuk pekerjaan pasangan bata. Pada saat membuat adukan mortar pertama perlu menyiapkan peralatan pengaduk, bahan mortar, serta memeriksa kualitas mortar. Serta Menyiapkan mortar pasangan bata dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan mesin atau manual (tangan).

Melaksanakan Pekerjaan Struktur Dinding Bata
Tahap ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam melaksanakan pekerjaan struktur dinding bata. Dalam melaksanakan pekerjaan pasangan harus dapat membaca dan mempelajari gambar kerja, menggunakan peralatan, menyiapkan dan memilih bahan, memeriksa lokasi kerja, melaksanakan pekerjaan dinding, kusen serta pekerjaan mekanikal dan elektrikal.

Membuat Pilar Pasangan Bata
Tahap ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam membuat pilar pasangan bata. Dalam melaksanakan pekerjaan pilar pasangan bata harus dapat membaca dan mempelajari gambar kerja, menggunakan peralatan, menyiapkan dan memilih bahan, serta membuat berbagai jenis pilar, termasuk pembuatan kop pilar pasangan bata.

Membuat Pasangan Bata Lengkung
Tahap ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam membuat pasangan bata lengkung. Dalam melaksanakan pekerjaan pasangan bata lengkung harus dapat membaca dan mempelajari gambar kerja serta spesifikasi teknis, menggunakan peralatan, menyiapkan dan memilih bahan, serta membuat berbagai jenis pasangan bata lengkung.

Membuat Pasangan Bata Dekoratif
Tahap ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam membuat pasangan bata dekoratif. Dalam melaksanakan pekerjaan pasangan bata dekoratif harus dapat membaca dan mempelajari gambar kerja serta spesifikasi teknis, menggunakan peralatan, menyiapkan dan memilih bahan, serta membuat berbagai jenis pasangan bata dekoratif.

Referensi
Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 317 Tahun 2016 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerjanasional Indonesia Kategori Konstruksi Golongan Pokok Konstruksi Khusus Pada Jabatan Kerja Tukang Pasang Bata

0 Response to "Uraian Tugas Tukang Pasang Bata (Tukang Bata)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel