Tugas Tukang Cat Bangunan Gedung

Tugas Tukang Cat Bangunan Gedung. Pengecatan adalah melakukan kegiatan pelapisan pada permukaan misalnya dinding, kayu, metal/besi dan lain-lain. dengan menggunakan material cat dengan tujuan untuk melindungi permukaan tersebut dari kerusakan akibat cuaca, jamur, greasedan noda lainnya, serta memperindah tampilan permukaan bidang tersebut.

Tujuan Utama Tukang Cat Bangunan. Melakukan pengecatan bangunan gedung baik interior maupun eksterior pada permukaan dinding/ tembok, kayu dan besi/metal.

Tugas Tukang Cat Bangunan Gedung


Fungsi Kunci Tukang Cat Bangunan

  1. Melakukan persiapan pekerjaan pengecatan bangunan gedung
  2. Melaksanakan pekerjaan pengecatan bangunan gedung
  3. Menjaga kebersihan lingkungan

Fungsi Utama Tukang Cat Bangunan

  1. Melakukan pengaturan kegiatan pengecatan, penanganan material cat, serta peralatan dan perlengkapa
  2. Melakukan persiapan lapangan pekerjaan pengecatan

Uraian Tugas Tukang Cat Bangunan Gedung

  1. Mengatur kegiatan pengecatan. ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam mengatur kegiatan pengecatan. Hal ini Unit ini berlaku untuk melakukan dan/atau mengatur kegiatan pengecatan, meliputi: pengaturan ruang penyimpanan material cat, material cat, bahan campuran untuk penambalan, peralatan dan perlengkapan, dan perlengkapan keselamatan dan kesehatan kerja.
  2. Melakukan Penanganan Material Cat. ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam melakukan penanganan material cat. Hal ini berlaku untuk melakukan penanganan material cat, meliputi: melaksanakan bongkar/muat material pengecatan gedung, melaksanakan pengiriman material pengecatan, melakukan penyimpanan material cat di lapangan, dan menghitung jumlah persediaan material cat.
  3. Melakukan Pemeliharaan Peralatan Dan Perlengkapan Pengecatan. ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam melakukan pemeliharaan peralatan dan perlengkapan pengecatan. Hal ini berlaku untuk melakukan pengatur peralatan dan perlengkapan pengecatan, meliputi: memelihara kuas cat, memelihara roll cat, dan memelihara alat pengerik cat.
  4. Melakukan Persiapan Lapangan Untuk Pengecatan. ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam melakukan persiapan lapangan untuk pengecatan. Hal ini berlaku untuk melakukan pengaturan persiapan lapangan untuk pengecatan, meliputi: menyiapkan pengamanan untuk area pengecatan, mengatur material pengamanan untuk area pengecatan, melakukan pengaturan pengamanan untuk area pengecatan, dan melakukan persiapan di area pengecatan.
  5. Melakukan Persiapan Untuk Pekerjaan Pengecatan Baru. ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam melakukan persiapan untuk pekerjaan pengecatan baru. Hal ini berlaku untuk melakukan pengaturan persiapan untuk pekerjaan pengecatan baru, meliputi: melakukan pengerikan permukaan pada area pengecatan, membersihkan kotoran/debu pada area pengecatan, membersihkan gemuk/minyak pada area pengecatan, melakukan penambalan permukaan untuk pengecatan baru, dan melakukan penghalusan permukaan untuk pengecatan baru.
  6. Melakukan Persiapan Bidang Permukaan Untuk Pengecatan Ulang. ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam melakukan persiapan bidang permukaan untuk pengecatan ulang. Hal ini berlaku untuk melakukan pengatur persiapan bidang permukaan untuk pengecatan ulang meliputi: membawa alat penyemprot/water jet permukaan untuk persiapan pengecatan ulang, menghilangkan jamur sebelum pengecatan ulang, menghilangkan noda sebelum pengecatan ulang, melakukan penambalan permukaan pada pengecatan ulang, dan melakukan penghalusan permukaan sebelum pengecatan ulang.
  7. Melakukan Pekerjaan Pengecatan. ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan pengecatan. ini berlaku untuk melakukan pelaksanaan pekerjaan pengecatan, meliputi: menyiapkan material cat, melakukan pengecatan bagian dalam gedung, melakukan pekerjaan harian di tempat kerja pengecatan, melakukan pengecatan bagian luar gedung, melakukan pengecatan pada permukaan besi/metal, dan melakukan pengecatan pada permukaan kayu.
  8. Membersihkan Lapangan Pengecatan. ini mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang dibutuhkan dalam membersihkan lapangan pengecatan. Hal ini berlaku untuk melakukan pengelolaan kebersihan lapangan pengecatan, meliputi: pemindahan material cat dan peralatan dari lapangan, membongkar dan memindahkan rambu pengaman, memindahkan kontainer cat kosong, membongkar tempat penyimpanan cat, dan membersihkan puing/sisa pengecatan dari lapangan.

Referensi
Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 310 Tahun 2016 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerjanasional Indonesia Kategori Konstruksi, Golongan Pokok Konstruksi Khusus Pada Jabatan Kerja Tukang Cat Bangunan Gedung

0 Response to "Tugas Tukang Cat Bangunan Gedung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel