Tugas Teknisi Grouting Senior

Uraiantugas.Com. Deskripsi jabatan dari Teknisi Grouting Senior adalah Membuat program kerja, menyiapkan, melaksanakan dan melaporkan hasil pekerjaan grouting pada pelaksanaan pekerjaan sumber daya air. Berikut adalah uraian tugas dari Teknisi Grouting Senior.

Menerapkan Ketentuan Undang-Undang Jasa Konstruksi (UUJK), Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), lingkungan dan mutu.

Tugas-tugas yang harus dilakukan
  1. Dalam pelaksanaan tugas harus menerapkan ketentuan peraturan perundang-undangan jasa konstruksi dan Prosedur Operasional Standar (SOP) khususnya pasal-pasal dalam UUJK yang menyangkut kewajiban dan tanggung jawab Penyedia Jasa (kontraktor).
  2. Menjaga dan menjamin dilaksanakannya ketentuan K3 pada pelaksanaan pekerjaan khususnya pekerjaan grouting.
  3. Mencegah pencemaran lingkungan kerja pada pelaksanaan pekerjaan grouting.
  4. Melaksanakan prosedur sistem manajemen mutu (Quality Assurance) pekerjaan pada setiap kegiatan pelaksanaan pekerjaan grouting.

Melakukan Identifikasi dan Interpretasi Spesifikasi, Gambar Kontrak, Gambar Kerja dan Rencana Mutu

Tugas-tugas yang harus dilakukan
  1. Mempelajari dan memahami spesifikasi grouting terutama bahan dan alat grouting, pelaksanaan pekerjaan grouting dan cara pengukuran dan pembayarannya.
  2. Mempelajari dan memahami gambar kerja dan gambar kontrak kemudian membuat gambar rinci penempatan pembagian blok kerja grouting.
  3. Melakukan orientasi lokasi dan merencanakan perpindahan titik grouting untuk diusulkan kepada pemberi kerja.
  4. Mempelajari dan memahami rencana mutu pekerjaan grouting berupa jadwal (schedule) induk, metoda kerja dan rencana inspeksi dan test.

Membuat Program Kerja dan Mempersiapkan Pelaksanaan Pekerjaan Grouting.

Tugas-tugas yang harus dilakukan
  1. Membuat metoda kerja lapangan yang paling efisien dan efektif untuk pedoman pelaksanaan kerja dilapangan.
  2. Membuat jadwal kerja harian dari data jadwal induk dan metoda kerja dan dirinci lagi menjadi jadwal tenaga kerja, alat, bahan/ material serta jadwal inspeksi dan test.
  3. Melakukan persiapan bahan/material termasuk menghitung kebutuhan bahan grouting, mempersiapkan sarana dan prasarana serta mengatur pendatangan bahan dilapangan.
  4. Melakukan persiapan tenaga kerja termasuk menghitung kebutuhan tenaga kerja, mempersiapkan sarana dan prasarana serta mengatur pendatangan tenaga kerja dilapangan.
  5. Melakukan persiapan peralatan beserta alat penunjangnya termasuk menghitung kebutuhan alat, mempersiapkan lokasi dan prasarana alat, mengatur mobilisasi alat serta menyetel dan mencoba alat hingga siap operasi.

Melaksanakan Pekerjaan Grouting Sesuai Spesifikasi.

Tugas-tugas yang harus dilakukan
  1. Melaksanakan pekerjaan drilling sesuai gambar kerja, metoda kerja dan instruksi kerja serta jadwal kerja yang telah ditetapkan.
  2. Melaksanakan pekerjaan water pressure test dan menghitung hasilnya untuk menentukan perlu tidaknya grouting.
  3. Melaksanakan tahapan pekerjaan grouting berdasarkan hasil perhitungan water pressure test sesuai metoda kerja lapangan yang dibuat berdasarkan fungsi dari grouting.


Membuat Laporan Hasil Pelaksanaan Grouting.

Tugas-tugas yang harus dilakukan
  1. Membuat laporan harian drilling dan gambar hasil pelaksanaannya secara cermat dan teliti.
  2. Membuat laporan harian water pressure test dan menghitung nilai Lugeon dengan cermat dan teliti.
  3. Membuat laporan harian Grouting beserta gambar hasil pelaksanaannya secara cermat dan teliti.

Sumber
Keputusan menteri tenaga kerja dan transmigrasi republik indonesia nomor kep. 184 / MEN / VI / 2009 tentang penetapan standar kompetensi kerja nasional indonesia sektor konstruksi bidang konstruksi gedung dan bangunan sipil sub bidang pengairan untuk jabatan kerja teknisi grouting senior

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel