Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian E-Sport Dan Tujuannya

Uraiantugas.com - E-Sport merupakan suatu cabang olahraga baru yang berkembang seiring kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Pada era modern dengan teknologi yang sangat berkembang, orang-orang menggunakan internet sebagai sarana mencari informasi serta sarana mencari penghasilan. Salah satunya dengan bidang e-Sport (Electronic Sport), para gamer berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik di dalam suatu permainan sehingga gamer mendapatkan penghasilan yang cukup tinggi.

Pengertian E-Sport & Tujuannya

Dalam dunia olahraga eSport bisa masuk dalam kategori olahraga yang melibatkan motorik halus, layaknya permainan catur dan bridge. Sementara olahraga pada umumnya merupakan aktivitas olahraga yang banyak melibatkan motorik kasar.

Penetapan eSport sebagai cabang olahraga telah disepakati Lembaga Olahraga Olimpiade Asia (Olympic Council of Asia/OCA) sejak 17 April 2017. Cabang eSport kemudian mulai diperkenalkan pada perhelatan 5th Asian Indoor and Martial Art Games (5th AIMAG) yang berlangsung di Ashgabat, Turkmenistan, pada September 2017.

Apa yg dimaksud E-Sport?

E-Sport merupakan olahraga digital yang terorganisir dengan pelatihan khusus seperti halnya atlet profesional sepak bola, bulutangkis, ataupun basket. Pertama kali budaya eSport berkembang adalah dari sebuah kompetisi game.

Pengertian E-Sport merujuk pada permainan game yang kompetitif dan melibatkan penonton”. E-Sport lebih ke arah game profesional, yaitu cara kompetitif bermain game yang sesuai dengan aturan profesional.

“E-Sport adalah area kegiatan olahraga dimana seseorang mengembangkan dan melatih kemampuan mental atau fisik dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi”.

“E-Sport atau olahraga cyber adalah olahraga yang dimainkan secara online dan dalam proses perkembangannya menjadi permainan profesional. E-Sport secara singkat dapat digambarkan sebagai permainan komputer yang kompetitif. E-Sport mengandung unsur amatir dan profesional, serta memiliki banyak kesamaan dengan olahraga umum”.

Menurut Co-host dari FOX News, Soledad O'Brien dalam Dex Glenniza (2018), mencoba memberikan pemahaman seputar eSport dengan menyatakan bahwa game yang kompetitif membutuhkan strategi dan pengerahan fisik yang tinggi juga, meskipun tidak setinggi ketika orang melakukan olahraga sungguhan seperti bermain sepakbola atau bola basket. Menurutnya, "Apapun yang memiliki struktur dan level kompetisi yang tergolong tingkat atas, itu semua dapat digolongkan sebagai 'sport',".

Secara umum E-Sport adalah suatu cabang olahraga yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk bermain video game secara kompetitif baik pada tingkat amatir maupun profesional sesuai aturan yang ditetapkan dan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pemainnya.

Tujuan E-Sport

Tujuan E-Sport dimainkan adalah untuk meningkatkan kemampuan pemain dalam penggunaan teknologi digital dan bermain game komputer sebagai bentuk kompetisi. Sehingga permainan E-Sport harus menampilkan objektivitas yang dapat digunakan untuk menilai kinerja para pemain dalam permainan

Berkembangnya E-Sport di Indonesia di jadikannya lahan untuk berinfestasi bagi perusahaan lokal maupun International dan prize pool dari berbagai cabang tournament E-Sport sangatlah besar bahkan ada yang mencapai mata uang triliun. Prize pool disini tergantung siapa yang membuat tournament tersebut dan sponsor di dalamnya. Untuk wadah penghasilan pecinta atau para entertainment E-Sport yang bermodalkan Koneksi Internet, handphone, Komputer, Web Cam atau Live Cam.

E-Sport adalah olahraga yang terbuka bagi siapa pun. Sebab eSport dapat dimainkan oleh siapa saja, bahkan eSport bisa dimainkan oleh penyandang disabilitas.