Tugas Malaikat secara Umum Dan Khusus

Tugas Malaikat secara Umum Dan Khusus. Berikut adalah beberapa Tugas malaikat yang diamanahkan oleh Alloh kepada manusia,tentang apa dan bagaimana para malaikat ini bekerja untuk mengerjakan segala perintah Allah bagi kehidupan manusia. Para malaikat adalah hamba Allah yang dibebani untuk melaksanakan ibadah, dan mereka senantiasa tunduk dan merendahkan diri kepada Allah secara sempurna, dengan tidak pernah melanggar perintahNya serta mengerjakan segala apa yang diperintahkan. Maka salah satu kewajiban kita adalah mengimani nama-nama mereka sebatas yang kita ketahui namanya, begitu pula kita mengimani sebatas pengetahuan kita tentang tugas mereka masing-masing.

Tugas Malaikat secara Umum Dan Khusus

Tugas Malaikat secara umum

  1. Perantara dalam mengemban wahyu. Tugas malaikat yang paling penting dan utama adalah menurunkan wahyu atau risalah Tuhan kepada para Nabi. Para Nabi tidak saja melihat malaikat, tetapi juga mendengar suaranya. karena itu, bagi para Nabi, malaikat merupakan kenyataan yang hakiki. Para Nabi kadang-kadang melihat malaikat dalam bentuk manusia dan dalam bentuk yang lain.
  2. Perantara untuk meneguhkan hati. Tugas malaikat yang seperti ini adalah untuk meneguhkan hati hamba-hamba Allah yang tulus. Malaikat juga menghibur mereka pada waktu mereka dalam kesusahan. Dikatakan juga bahwa malaikat adalah penjaga orang-orang yang beriman, baik di dunia maupun di akhirat (QS. Fushilat (41): 30-31). Malaikat diturunkan oleh Allah kepada manusia untuk memberi kabar gembira dan dengan itu hatinya menjadi tenteram (QS. Ali Imran (3): 125, dan al-Anfal (8): 12).
  3. Perantara untuk menjatuhkan siksaan. Tugas malaikat untuk meneguhkan hati orang-orang yang beriman erat sekali hubungannya dengan fungsinya untuk melaksanakan hukuman bagi orang yang kafir. Berulang kali al-Quran menegaskan bahwa ada orang-orang yang tidak mempercayai para nabi dan akhirnya mereka mendapat adzab dari Allah Swt.
  4. Mendorong berbuat baik. Perbuatan-perbuatan baik yang dilakukan manusia antara lain adalah karena dorongan para malaikat. Al-Quran menjelaskan bahwa peranan malaikat dan syetan adalah untuk mendorong manusia ke arah dua jurusan kehidupan yang bertolak belakang. Jika malaikat mendorong manusia ke arah kebaikan, maka syetan justeru sebaliknya, mengarahkan manusia untuk berbuat sesat.
  5. Mencatat perbuatan manusia. Terkait dengan tugas malaikat yang ini Al-Quran menyebutnya sebagai kiraman katibin atau juru tulis yang mulia.

Tugas Khusus Malaikat

  1. Malaikat Jibril, Bertugas untuk menyampaikan wahyu kepada para Nabi.
  2. Malaikat Mikail, Bertugas untuk membagikan rezki.
  3. Malaikat Israfil, Bertugas untuk meniup terompet pada hari akhir sebagai tanda datangnya qiyamat.
  4. Malaikat Izrail, Bertugas untuk mencabut nyawa.
  5. Malaikat Raqib, Bertugas untuk mencatat amal baik manusia
  6. Malaikat Atid, Bertugas untuk mencatat amal buruk manusia.
  7. Malaikat Munkar, Bertugas untuk menanyai manusia di alam kubur.
  8. Malaikat Nakir, Bertugas untuk menanyai manusia di alam kubur.
  9. Malaikat Malik atau Zabaniyah, Bertugas untuk menjaga neraka.
  10. Malaikat Ridwan, Bertugas untuk menjaga surga.

Referensi
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

0 Response to "Tugas Malaikat secara Umum Dan Khusus"