Uraian Tugas Operator Road Roller

Uraian Tugas Dan Tanggungjawab Operator Road Roller (Road Roller Operator).  Uraian Jabatan Road Roller Operator adalah dapat mengoperasikan Road Roller sesuai prosedur dalam melaksanakan pemeliharaan harian sesuai dengan petunjuk pemeliharaan dan membuat laporan operasi dengan benar.
Uraian Tugas Dan Tanggungjawab Operator Road Roller (Road Roller Operator)

Berikut adalah uraian tugas Operator Road Roller (Road Roller Operator). 
  1. Menerapkan UUJK keselamatan dan kesehatan kerja yang antara lain adalah menerapkan ketentuan UUJK sesuai dengan posisi dan peranannya. Memakai alat pelindung diri (APD) sesuai dengan standar K3. Memeriksa perlengkapan keselamatan kerja. Menggunakan perlengkapan keselamatan kerja sesuai dengan prosedur.  Melaksanakan pengoperasian dan pemeliharaan road roller sesuai dengan prosedur.
  2. Melakasanakan pemeliharaan harian sesuai dengan petunjuk pemeliharaan yang antara lain adalah melakukan pemeriksaan keliling (walk around inspection). Memeriksa pelumas, bahan bakar, air pendingin dan baterai/Accu. Memeriksa panel instrument dengan posisi ON kunci kontak.
  3. Melaksanakan pengoperasian Road Roller sesuai dengan aplikasi dan teknik operasi yang benar untuk jenis pekerjaan konstruksi tertentu yang antara lain adalah menghidupkan mesin seuai dengan prosedur. Melakukan pemeliharaan setelah mesin dihidupkan. Melakukan persiapan pengoperasian sesuai prosedur. Melaksanakan pemadatan pekerjaan konstruksi jalan lapisan tanah dan agreagte yang terdiri dari lapisan tanah dasar (sub grade). Lapisan perkerasan pondasi bawah (sub base course). Dan lapisan perkerasan pondasi atas (Base Course). Melaksanakan pemadatan pekerjaan konstruksi jalan lapisan permukaan (surface course). Melakukan pemeliharaan selama pengoperasian. Melakukan pemeliharaan setelah operasi sesuai prosedur.
  4. Membuat laporan Operasi dan Laporan K3 yang antara lain adalah membuat laporan harian operasi. Mengisi format laporan K3. Dan Menyampaikan Laporan Kepada atasan langsung.