Tips Mencegah / Menjaga Diri Dari Virus Corona (Covid 19)

UraianTugas.Com - Saat ini wabah virus corona semakin luas keseluruh dunia. Semoga dengan cara ini kita semua dapat terhindar dari virus corona (covid 19). Ciri khas virus ini adalah menyumbat saluran-saluran pernafasan dengan lendir kental yang mengeras dan memblokir saluran pernafasan dan paru-paru. Jadi sebelum menggunakan obat, harus terlebih dahulu membuka sumbatan saluran pernafasan, agar pengobatan dapat berfungsi maksimal.

Tips Mencegah / Menjaga Diri Dari Virus Corona (Covid 19)


Berikut adalah beberapa Rekomendasi untuk menjaga diri adalah:
  1. Tetaplah dirumah dan jangan kemana mana ikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah
  2. Minum banyak cairan yang panas (kopi, sup, teh, air hangat). Selain itu, menyeruput sedikit air hangat setiap 20 menit, supaya rongga mulut tetap lembab, dan ini juga mengusir semua virus yang telah masuk ke mulut hingga ke perut, di mana ia akan dinetralkan oleh asam di lambung, sehingga tidak bisa sampai ke paru-paru.
  3. Berkumur dengan bahan antiseptic dalam air hangat, seperti cuka, garam atau lemon. Kalau bisa lakukanlah ini setiap hari.
  4. Virus ini menempel di rambut dan pakaian. Bisa dibunuh oleh deterjen atau sabun, tetapi anda harus langsung mandi/shower setelah setiap pulang dari perjalanan. Jangan duduk dulu tetapi langsung pergi ke kamar mandi. Kalau tidak bisa mencuci pakaian setiap hari, digantung supaya kena sinar matahari, yang juga akan menetralkan virus.
  5. Mencuci semua permukaan yang terbuat dari logam dengan baik, karena virus bisa bertahan hingga sembilan hari di situ. Berhati-hati sehingga tidak menyentuh rel pegangan tangan, gagang pintu, dst. Pastikan di rumah benda-benda itu tetap bersih, dibersihkan dan dilap secara teratur.
  6. Jangan merokok.
  7. Mencuci tangan setiap 20 menit dengan sabun yang berbusa. Lakukan ini selama 20 detik dan mencuci tangan secara menyeluruh.
  8. Makan buah-buahan dan sayuran. Coba menaikkan jumlah zat besi, bukan hanya sekedar vitamin C.
  9. Hewan tidak menyebarkan virus ini kepada manusia. Hanya ada transmisi antar manusia.
  10. Menghindari terkena flu. Ini bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Menghindari makanan atau minuman dingin.
  11. Apabila anda mengalami rasa tidak nyaman dalam tenggorokan, atau merasa tanda-tanda akan sakit tenggorokan, langsung dilawan dengan metode-metode diatas. Virus ini biasa masuk ke dalam sistem tubuh melalui mulut, dan bertahan di tenggorokan selama 3 atau 4 hari sebelum pindah ke paru-paru.
  12. Ada juga yang mengatakan bahwa dengan menggunakan bawang merah dapat terhindar dari virus ini. Tidak ada salahnya juga untuk dicoba. Caranya dengan mengambil beberapa bawang merah yang sudah dikupas kemudian disimpan di ruang tamu dan kamar tidur atau dimana saja yang menurut anda perlu.
  13. Hindari bersentuhan.. dan sebisanya menjaga jarak kira-kira 1 sampai 2 meter

Semoga bermanfaat... dikutip dari berbagai sumber