Tugas Penerbitan Buku

UraianTugas.Com - Penerbitan adalah seluruh proses kegiatan yang dimulai dari pengeditan, pengilustrasian, dan pendesainan buku sedangkan Buku adalah karya tulis dan/atau karya gambar yang diterbitkan berupa cetakan berjilid atau berupa publikasi elektronik yang diterbitkan secara tidak berkala. Berikut adalah uraian tugas penerbitan Buku yang antara lain adalah :

Tugas Penerbitan Buku


Mengidentifikasi Alur Penerbitan Buku

Tugas meliputi
  1. Mengenali alur penerbitan buku. Alur penerbitan buku dikenali tahap pertahap sesuai dengan standar penggarapan buku. Dan Alur penerbitan buku disusun berdasarkan kebutuhan penerbit.
  2. Menjelaskan alur penerbitan buku. Alur penerbitan buku dijelaskan tahap pertahap kepada tim penerbitan. Dan Pelaku perbukuan yang terlibat dalam alur penerbitan dijelaskan berikut tugas- tugasnya.

Menerapkan Strategi Pemerolehan Naskah

Tugas meliputi
  1. Menetapkan syarat pemerolehan naskah. Naskah diklasifikasikan berdasarkan jenisnya. Syarat kelayakan teknis dan kelayakan isi naskah ditetapkan sesuai dengan standar yang berlaku. Dan Naskah diidentifikasi kesesuaiannya secara komprehensif terhadap visi, misi, dan haluan penerbit.
  2. Melaksanakan pemerolehan naskah. Pemerolehan naskah dilakukan secara solicited dengan menetapkan topik judul dan penulis yang relevan. Pemerolehan naskah dilakukan secara unsolicited dari pihak ketiga. Dan Pemerolehan naskah dilakukan dengan cara penerjemahan/penyaduran.

Menilai Naskah

Tugas Meliputi
  1. Melaksanakan penilaian naskah tahap awal. Naskah dinilai berdasarkan kelengkapan teknis dan anatomi buku. Naskah dinilai berdasarkan kesesuaian dengan visi, misi, dan haluan penerbit. Dan Naskah dinilai berdasarkan kesesuaian materi, kesesuaian penyajian, dan kesesuaian bahasa.
  2. Mempresentasikan ikhtisar penerbitan. Ikhtisar penerbitan disiapkan untuk dipresentasikan. Dan Ikhtisar penerbitan dipresentasikan kepada dewan redaksi.

Membuat Perencanaan Penerbitan Buku

Tugas Meliputi
  1. Menentukan spesifikasi produk buku. Spesifikasi produk buku ditetapkan sesuai dengan tujuan penggunaan. Dan Spesifikasi produk buku ditetapkan berdasarkan pertimbangan kebutuhan dan pasar.
  2. Menetapkan alokasi sumber daya manusia dan waktu. Sumber daya manusia dialokasikan sesuai dengan keahliannya. Dan Waktu dialokasikan sesuai dengan tenggat (deadline) yang ditetapkan.

Menyelia Penyuntingan Naskah

Tugas Meliputi
  1. Menyelia penyuntingan mekanis. Naskah suntingan mekanis diperiksa sesuai dengan aspek keterbacaan, ketaatasasan, dan kebahasaan. Dan Kesalahan naskah suntingan mekanis dikoreksi sesuai dengan gaya selingkung penerbit.
  2. Menyelia penyuntingan substantif. Naskah suntingan substantif diperiksa sesuai dengan aspek kejelasan, kelegalan, kecermatan data dan fakta, serta kepatutan. Dan Kesalahan naskah suntingan substantif dikoreksi sesuai dengan kebenaran materi.

Menyelia Pendesainan Buku

Tugas Meliputi
  1. Menyelia pendesainan isi dan kover buku. Desain isi dan kover buku diidentifikasi berdasarkan kesesuaian dengan gaya selingkung. Dan Desain isi dan kover buku diperiksa berdasarkan aspek kelegalan visual, aspek kepatutan visual, aspek anatomi buku, dan aspek desain komunikasi visual.
  2. Mengoreksi desain isi dan kover buku. Hasil desain isi dan kover buku dikoreksi sesuai dengan gaya selingkung. Dan Hasil koreksi desain isi dan kover buku dikomunikasikan kepada desainer.

Menyiapkan Pracetak Buku

Tugas Meliputi
  1. Memeriksa penyiapan file elektronis siap terbit. File elektronis diperiksa kelengkapannya. Dan File elektronis dikomunikasikan kepada bagian pracetak untuk diterbitkan.
  2. Memeriksa cetak coba buku. Cetak coba (proof) dikoreksi sesuai dengan naskah suntingan. Dumi buku disiapkan berdasarkan file cetak coba. Dan Dumi buku diperiksa kelengkapannya sebagai acuan cetak.

Membuat Perencanaan Finansial Buku

Tugas Meliputi
  1. Membuat perhitungan harga pokok produksi. Tiras buku cetakan pertama ditetapkan berdasarkan perhitungan pasar. Komponen harga pokok produksi diestimasikan berdasarkan tiras buku. Dan Harga pokok produksi dipresentasikan dalam format yang efisien.
  2. Membuat estimasi harga jual buku. Persentase imbalan untuk penulis atas eksploitasi hak ekonomi ditetapkan berdasarkan harga jual buku. Estimasi harga jual buku disimulasikan berdasarkan komponen harga pokok produksi, royalti, promosi, rabat, keuntungan, dan biaya lain. Dan Harga jual buku dipresentasikan berdasarkan komponennya.

Membuat Perencanaan Promosi Buku

Tugas Meliputi
  1. Menetapkan strategi promosi buku. Strategi promosi buku ditetapkan berdasarkan alokasi bujet promosi dan target promosi. Dan Strategi promosi buku dipresentasikan berdasarkan target kualitatif dan target kuantatif.
  2. Menetapkan media promosi buku. Media promosi buku ditentukan berdasarkan alokasi bujet promosi dan target promosi. Efektivitas penggunaan media promosi dipresentasikan berdasarkan target kualitatif dan target kuantitatif. Dan Materi media promosi diperiksa sesuai dengan pembaca sasaran.

Membuat Perencanaan Penjualan Buku

Tugas Meliputi
  1. Membuat perencanaan penjualan buku. Perencanaan penjualan buku disusun berdasarkan estimasi finansial, bingkai waktu, dan estimasi retur. Dan Perencanaan penjualan buku dipresentasikan.
  2. Membuat perencanaan distribusi buku. Saluran distribusi yang relevan ditetapkan berdasarkan segmentasi pembaca sasaran. Dan Mekanisme pendistribusian buku secara fisik maupun elektronik disiapkan dalam bentuk dokumen aturan.

Referensi
Lampiran keputusan menteri ketenagakerjaan republik indonesia nomor 124 tahun 2018 Tentang penetapan standar kompetensi kerja nasional indonesia kategori informasi dan komunikasi golongan pokok aktivitas penerbitan bidang penerbitan buku

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel