Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu PayPal, Keuntungan Dan Prinsip Kerjanya

Uraiantugas.com - PayPal, tidak bisa disangkal lagi, telah menjadi solusi bisnis terbaik baik Anda yang ingin menerima pembayaran secara internasional. Dengan lebih dari 100 juta pengguna dan melayani 103 negara di dunia, potensi PayPal menjadi tidak terbantahkan. Banyak bisnis online yang berkembang pesat setelah menggunakan PayPal sebagai merchant, karena kastemer menyadari bahwa transaksi melalui PayPal lebih aman, mudah dan cepat.

Apa itu PayPal, Keuntungan Dan Prinsip Kerjanya

Apa itu PayPal?

PayPal adalah salah satu alat pembayaran (Payment procesors) menggunakan internet yang terbanyak digunakan di dunia dan teraman. Pengguna internet dapat membeli barang di eBay, lisensi software original, keanggotaan situs, urusan bisnis, mengirim uang ke pengguna PayPal lain di seluruh dunia dan banyak fungsi lainnya dengan mudah dan otomatis menggunakan internet, PayPal mengatasi kekurangan dalam pengiriman uang tradisional seperti Cek atau Money order yang prosesnya dapat memakan waktu. PayPal seperti rekening bank, pertama Anda membuat account, lalu mengisi account tersebut dengan dana dari kartu kredit yang dapat diterima PayPal dan Anda sudah dapat menggunakan account PayPal untuk bertransaksi. 

Mengapa proses transfer tidak menggunakan rekening bank saja? Untuk menjawab ini, saya ambil contoh kasus. Misalkan Anda memiliki sebuah toko online di internet yang menawarkan suatu produk. Kebetulan ada pengunjung dari luar negeri tertarik pada produk Anda dan ingin membelinya. Nah... sayangnya Anda hanya memiliki rekening di bank lokal. Tentu hal ini akan menyulitkan bagi pembeli tersebut untuk melakukan transfer pembayaran. Apabila Anda mentarget pembeli produk hanya dari Indonesia, maka hal ini tidak menjadi masalah karena bank lokal dapat dengan mudah dijumpai. Sehingga disinilah perlunya suatu sarana untuk mempermudah pembayaran uang yang tidak terbatas waktu, tempat dan ruang

Keuntungan Menggunakan Paypal? 

Keuntungan menggunakan Paypal dalam proses transfer uang adalah prosesnya yang cepat. Selain itu tidak terbatasnya ruang dan waktu, maksudnya adalah Anda dapat mengirim dan menerima uang ke/dari seluruh dunia dan juga dapat dilakukan setiap saat selama ada koneksi internet. Dari sisi keamanan, Paypal sudah dilengkapi dengan sistem autentifikasi yang cukup canggih sehingga dapat menjamin keamanan selama proses transaksi.

Banyak toko-toko online di seluruh dunia yang sudah menerima pembayaran via Paypal. Sehingga dengan Paypal, Anda bisa membeli produk apapun dengan mudah di seluruh dunia. Selain itu dengan Paypal, Anda akan dapat dengan mudah menerima pembayaran komisi dari program-program bisnis online karena biasanya program bisnis online ini akan membayarkan komisi para affiliatenya menggunakan Paypal.

Bagaimana Prinsip Kerja Paypal? 

Pada prinsipnya, mekanisme kerja Paypal mirip dengan rekening bank biasa. Sebelum kita bisa menggunakan Paypal, kita terlebih dahulu harus memiliki akun. Untuk memiliki akun ini, kita harus melakukan registrasi. 

Setelah kita melakukan registrasi, kita akan diberikan akun dengan alamat email kita sebagai nama rekening (bukan nomor rekening seperti halnya bank). Mengapa menggunakan alamat email? Yup... mungkin tujuannya adalah supaya kita mudah mengingat nama rekening kita. Selain itu alamat email adalah unik, artinya tidak mungkin ada alamat email yang sama di dunia ini, untuk pemilik yang berbeda.

Seperti halnya rekening bank, seseorang dapat memiliki beberapa nama akun yang berbeda dalam rekening Paypal. Tentu saja untuk melakukan hal ini, kita harus memiliki beberapa alamat email yang berbeda. 

Nah.. setelah Anda memiliki rekening di Paypal, Anda sudah bisa mengirim dan menerima uang dari seluruh dunia. Bila Anda ingin mengirim uang dengan Paypal, terlebih dahulu harus diketahui nama rekening Paypal tujuan (nama email) yang akan dibayarkan.

Lantas... bagaimana cara menarik uang dari rekening Paypal? Apakah Paypal menyediakan ATM? Tentu tidak. Untuk dapat menarik uang dari rekening Paypal, kita terlebih dahulu harus mentransfernya ke rekening bank lokal kita. Setelah ditransfer, barulah kita bisa mengambil uang. Sehingga sangat disarankan bagi Anda yang ingin memiliki rekening Paypal, hendaknya juga memiliki rekening di bank lokal