Keuntungan Investasi Saham

Uraiantugas.com - Saat ini saham menjadi salah satu investasi yang semakin populer dan mulai disukai oleh masyarakat. Setiap investasi atau bisnis pasti dihadapkan dengan keuntungan dan kerugian yang mana keuntungan dan kerugian. Yang perlu anda ketahui Investasi yang minim risiko biasanya menawarkan keuntungan yang relatif kecil, sebaliknya investasi yang berisiko besar menghasilkan keuntungan yang besar.

Keuntungan Investasi Saham

Membeli saham perusahaan di pasar modal merupakan investasi yang memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan instrumen investasi lain, misalnya deposito, tabungan berjangka, atau emas. Investasi saham juga dapat memberikan keuntungan yang tinggi, baik dari dividen maupun kenaikan harga saham.

Nah muncul Pertanyaan Apa keuntungan yang akan didapat menjadi hal-hal yang banyak dicari oleh para masyarakat yang ingin mempelajari tentang investasi dan saham.

Apa Saja Keuntungan Investasi Saham..?

Berinvestasi dengan saham memberi keuntungan bagi para investor. Sedangkan Keuntungan yang diperoleh dari investasi saham dinamakan dividen dan capital gain. 

Dividen

Dividen merupakan pembagian laba bagi para pemegang saham sesuai dengan banyaknya saham yang dimiliki. Ketika mendapatkan dividen, maka Anda pun secara tidak langsung telah diakui sebagai pemilik perusahaan dan berhak ikut dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dividen akan dibagikan secara merata sesuai dengan lembar saham yang dimiliki. Jadi, semakin banyak saham yang Anda miliki, semakin besar nilai dividen yang dapat Anda peroleh jika perusahaan tersebut membagikan dividen. Tetapi, dividen hanya akan diberikan jika perusahaan yang sahamnya Anda miliki mendapatkan keuntungan dan ketika mayoritas pemegang saham menyepakati pembagian dividen.

Capital Gain

Semakin berkembangnya sebuah perusahaan dari waktu ke waktu, biasanya akan diikuti dengan kenaikan harga saham perusahaan tersebut. Kenaikan harga ini dapat Anda manfaatkan untuk menjual saham pada harga yang tentu lebih tinggi daripada harga pembelian. Keuntungan dari selisih harga jual dan beli inilah yang disebut dengan capital gain.

Nah Investasi saham yang belakangan ini mulai banyak diincar oleh para investor pemula menjadikan banyak masyarakat memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi mengenai saham.