Analisa kulit kepala dan rambut

Uraiantugas.com - Hallo sahabat UT, kali ini kami akan membahas tentang Apa saja Analisa kulit kepala dan rambut. Nah hal ini merupakan tindakan yang sangat penting dilakukan sebelum melakukan perawatan maupun penataan. Hal-hal yang perlu diketahui dalam menganalisa antara lain jenis kulit, jenis rambut, permasalahan ataupun kelainan kulit dan rambut, tindakan ini sangat berguna untuk menentukan tindakan perawatan yang akan dilakukan dan merupakan prasyarat dalam melakukan perawatan kulit kepala dan rambut. 

Analisa kulit kepala dan rambut

Dalam mengatasi permasalahan rambut dan kulit kepala dengan melakukan perawatan di salon kecantikan maupun melakukan perawatan sendiri di rumah, maka sebelum melakukan perawatan sebaiknya kita melakukan analisa kulit kepala dan rambut sehingga dalam penanganan permasalahan rambut dan kulit kepala dapat disesuaikan dengan jenis rambut dan kulit kepala kita untuk menentukan jenis rambut dan kulit kepala sehingga dapat menentukan jenis perawatan dan memilih kosmetik yang sesuai dengan kulit kepala dan rambut kita.

1. Memahami Pengetahuan Anatomi Dan Fisiologi Kulit Kepala Dan Rambut Berdasarkan Konsep Tripology Rambut.

A. Struktur Kulit

B. Struktur Rambut

C. Susunan Batang Rambut

D. Bentuk dan Warna Rambut

E. Densitas dan Tekstur Rambut

Baca Juga : Anatomi Dan Fisiologi Kulit Kepala Dan Rambut Berdasarkan Konsep Tripology Rambut

2. Mengidentifikasi Jenis Kulit Kepala Dan Rambut Serta Kelainan-Kelainannya Sesuai Dengan Ciri-Ciri Kondisi Kulit Kepala Dan Rambut

A. Jenis Rambut

B. Kelainan Kulit Kepala Dan Rambut

Baca Juga : Mengidentifikasi Jenis Kulit Kepala Dan Rambut Serta Kelainan Sesuai Dengan Cirinya

3. Melakukan Analisa Kulit Kepala Dan Rambut Berdasarkan Lembar Analisa

A. Teknik Analisa Kulit Kepala dan Rambut

B. Hal-hal Yang Harus Dianalisa

C. Mengkonfirmasikan hasil analisa dan rencana perawatan

Analisa kulit kepala dan rambut adalah suatu kegiatan melakukan pengecekan pada kulit kepala dan rambut berdasarkan pedoman analisa kulit kepala dan rambut.

Tujuan analisa kulit kepala dan rambut adalah untuk menentukan jenis rambut dan kulit kepala sehingga dapat menentukan jenis perawatan dan memilih kosmetika yang sesuai dengan kulit kepala dan rambut. 

Lapisan kulit terdiri dari: kulit ari (epidermis) terdiri dari kandung rambut (folikel rambut), kuku, kelenjar keringat, kulit jangat (dermis) terdiri dari serabut kolagen, serabut elastin dan serabut retikulin dan jaringan subkutis. Struktur rambut terdiri dari: ujung rambut, batang rambut dan akar rambut, sedangkan susunan batang rambut terdiri dari cuticula, cortex dan medulla.

Kelainan kulit kepala dan rambut terdiri dari ketombe, kutu kepala, kebotakan, uban, telogen effluvium, hypertricosis, tinea capitis dan piedra.