Cara Mudah Dan Cepat Cek Tagihan Listrik

Uraiantugas.com – Hallo sahabat UT, Kali ini kami akan membahas tentang Cara Mudah Dan Cepat Cek Tagihan Listrik Anda. Nah kalian cukup menggunakan Handphone

Ada 2 cara untuk mengecek tagihan listrik apabila menggunakan Handphone. Pertama, menggunakan aplikasi PLN Mobile. kedua, mengakses website resmi PLN pada layanan.pln.co.id.

Cara Mudah Dan Cepat Cek Tagihan Listrik

Seperti dikutip pln.co.id Aplikasi PLN Mobile sudah diluncurkan pada 31 Oktober 2016 lalu, bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-71. Namun kali ini, aplikasi PLN Mobile mengalami pengembangan demi memberi layanan maksimal ke masyarakat 

Cara Cek Tagihan listrik melalui aplikasi PLN Mobile

1. Download lalu install aplikasi PLN Mobile, aplikasi ini tersedia untuk Android dan iOS anda dapat mengunduhnya di playstore

Anda dapat mengunduh  Aplikasi PLN Mobile dengan cara klik tombol download dibawah ini

Download

2. Apabila Anda baru mau menggunakannya silahkan daftar terlebih dahulu akun anda.

3. Klik daftar kemudian isi isi nama lengkap, ID pelanggan atau nomor meter, lokasi, nomor ponsel, email aktif, dan kata sandi

4. Setelah selesai mendaftar Anda akan masuk pada dashboard, lalu klik Informasi pada halaman depan

5. Klik Informasi Tagihan dan Token Listrik, tunggu sebentar.

6. Aplikasi PLN Mobile secara otomatis akan memberikan Anda informasi terkait tagihan listrik, konsumsi pemakaian, dan riwayat tagihan.

7. Nah sekarang Anda bisa cek tagihan listrik secara online menggunakan alamat email dan kata sandi yang tadi telah Anda daftarkan sebelumnya

Fitur-Fitur yang terdapat di PLN Mobile

1. Pembayaran listrik yang mudah dari Aplikasi

Agar semakin mudah dalam membeli token maupun membayar tagihan, PLN Mobile menyediakan fitur pembayaran langsung menggunakan Virtual Account bank, dompet digital maupun layanan kartu kredit. Selain itu, PLN Mobile menyediakan token – token eksklusif yang lebih murah.

2. Pelaporan Catat Meter Mandiri (SwaCAM)

PLN Mobile menyediakan fitur catat meter sendiri shingga mempermudah perhitungan tagihan Anda. Tidak perlu lagi berinteraksi dan menunggu petugas!

3. Pengaduan

PLN Mobile menyediakan fitur pengaduan yang dilengkapi fitur Auto Dispatch, sehingga mempermudah penerusan dan monitor laporan langsung ke petugas teknis terdekat yang tersedia (berlaku di beberapa lokasi). Selain itu, aplikasi ini dapat memberikan notifikasi terkait kejadian padam di sekitar lokasi maupun rumah Anda, termasuk ketika listrik sudah kembali menyala.

4. Pengajuan layanan listrik (pasang baru dan tambah daya)

Listrik sering putus karena kurang daya dan membutuhkan pasang baru di rumah atau kantor? Ajukan langsung ubah daya dan pasang baru dengan lebih mudah dan hanya dalam genggaman.

5. ICONNET dan fitur lainnya

Sebagai aplikasi kelistrikan terlengkap di Indonesia, PLN Mobile juga menyediakan fitur – fitur lainnya seperti pemasangan internet (ICONNET), perbaikan listrik (ListrikQu), dan SPKLU (Charge.In)

Kemudahan Aplikasi PLN Mobile

Beberapa kemudahan yang dapat kita nikmati saat menggunakan Aplikasi PLN Mobile: 

1. Kemudahan Pembelian Token & Pembayaran Tagihan

Pelanggan pascabayar bisa langsung membayar tagihan listriknya dan bagi pelanggan prabayar bisa membeli token langsung dari Aplikasi PLN Mobile. Cara pembayarannya juga dipastikan tidak membuat pelanggan repot karena bisa memilih berbagai akses seperti virtual account, debit online, kredit via Doku, E-Wallet : LinkAja, OVO, GOPAY. 

2. Kemudahan Ubah Daya

Ajukan tambah daya tegangan listrik dengan mudah di aplikasi PLN Mobile, dengan PLN Mobile, segala proses administrasi penambahan daya bisa langsung dilakukan hanya menggunakan jarimu saja. Tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor PLN untuk mengurusnya. 

3. Catat Angka Meter Mandiri

Periode catat angka meter mandiri di tanggal 24-27 setiap bulannya menjadi lebih praktis dengan mengunggah foto. Hal ini dilakukan agar dasar perhitungan tagihan rekening listrik pelanggan bisa sesuai dengan kondisi di lapangan. 

4. Kemudahan Pengaduan Gangguan & Keluhan

Pengaduan gangguan dan keluhan listrik lebih cepat dan mudah. Para pelanggan bisa menyampaikan pengaduan gangguan dan keluhan pada aplikasi PLN Mobile. Aktif selama 24 jam, PLN Mobile siap memberi jawaban dari pengaduan gangguan dan keluhan pelanggan. 

5. Kemudahan Memonitor Pemakaian Listrik Pascabayar

Bagi pelanggan PLN kategori pascabayar, kini tidak perlu lagi menyimpan struk pembayaran karena PLN Mobile terdapat fitur history penggunaan listrik yang menampilkan rincian Rupiah pembayaran dan energi listik (kWh) pelanggan setiap bulannya. 

6. Kemudahan Memonitor Pembelian Token

Pelanggan PLN Prabayar pernah lupa berapa token yang dibeli? Kini hal itu tidak akan terjadi lagi karena dengan adanya PLN Mobile pelanggan bisa memonitor history pembelian token. 

7. Notifikasi Tagihan

Aplikasi PLN Mobile akan mengirimkan notifikasi bayar listrik untuk mengingatkan pelanggan agar membayar tagihan sebelum jatuh tempo. 

8. Informasi Progress Penyelesaian Gangguan

Melalui Aplikasi PLN Mobile, pelanggan bisa mengetahui progress tindaklanjut pengaduan yang diajukan sampai dengan selesai. 

9. Notifikasi Padam & Pemeliharaan

Pelanggan bisa mendapatkan notifikasi apabila akan diadakan pemadaman terencana, seperti pada proses pemeliharaan. Notifikasi untuk saat ini bisa diakses di pulau Jawa, Madura, dan Bali. Untuk daerah lain segera menyusul.

Sumber :

PT PLN (Persero)