Pengertian Pramusaji Dan Fungsinya

Uraiantugas.Com - Hallo sahabat UT, kali ini kami akan membahas tentang Apa yang dimaksud dengan pramusaji.. ? Pramusaji sebagai ujung tombak pelayanan harus bersifat cooperative dan conscientious, yang artinya selalu mengutamakan kerjasama serta memiliki sifat yang teliti. Kejujuran, ramah tamah, serta smiling appereance merupakan sikap yang harus ditunjukkan oleh setiap pramusaji.

Pengertian Pramusaji Dan Fungsinya

Apa itu Pramusaji

Menurut Kusmayadi, (2000: 66). Pramusaji adalah karyawan restoran hotel yang mempunyai tugas dan tanggungjawab melayani kebutuhan makanan dan minuman bagi para pelanggan hotel secara profesional. Istilah pramusaji disebut dengan perkataan waiter atau waitress dari bahasa Inggris. 

Menurut Sugiarto (1996) pramusaji adalah karyawan restoran atau room service yang mempunyai tugas dan tanggung jawab memberikan pelayanan akan kebutuhan makan dan minum bagi tamu hotel.

The waiters serve the food and beverage ordered by a guest and is part of a team under a station captain. They should be able to perform the duties of a captain to a certain extent and be a substitute for the captain if he is busy or not on duty. They should; also be knowledgeable about all types of food and beverages, so that they can effectively take an order from a guest, execute the order and serve the correct dish with its appropriate garnish and accompaniment. They should be able to efficiently coordinate with the other staff in the outlet

(Pramusaji melayani makanan dan minuman diperintahkan oleh tamu dan merupakan bagian dari sebuah tim di bawah supervisor. Mereka harus mampu melaksanakan tugas-tugas supervisor sampai batas tertentu dan menjadi pengganti untuk supervisor jika ia sibuk atau tidak bertugas. Mereka harus; berpengetahuan tentang semua jenis makanan dan minuman , sehingga mereka dapat secara efektif mengambil pesanan dari tamu , melaksanakan perintah dan melayani hidangan yang benar dengan hiasan dan peneman yang sesuai. Mereka harus dapat efisien berkoordinasi dengan staf lain di outlet .)

Pramusaji adalah orang yang paling dekat dengan tamu di ruang makan yang bertugas membantu dan melayani tamu selama menikmati makanan dan minumannya. Disamping juga sebagai petugas pemasaran yang menawarkan berbagai menu makanan dan minuman kepada tamu yang dapat disediakan oleh restoran. Istilah pramusaji dimaskudkan sebagai pengganti perkataan waiter/waitress dari bahasa Inggris.

Fungsi Pramusaji

Dalam pelayanannya, pramusaji memiliki empat fungsi yaitu

1. Pemandu selera

Pramusaji menuntun tamu untuk mendapatkan kembali selera makannya karena kadang kala ada tamu yang bingung akan makanan dan minuman yang akan dipesannya. Maka dalan hal ini tugas pramusaji lah yang menawarkannya.

2. Penyaji hidangan

Pramusaji dituntut untuk melayani penyajian makanan dan minuman kepada para tamu, sesuai dengan standarisasi yang dimiliki oleh hotel itu sendiri yang dapat membuat tamu merasa puas dan nyaman terhadap pelayanan itu.

3. Duta perusahaan

Pramusaji mewakili perusahaan untuk menerima, melayani dan memberikan perhatiannya kepada para tamu yang datang. Reputasi perusahaan sangat didukung oleh pramusaji yang telah memiliki sikap dan kepribadian yang baik sehingga secara keseluruhan pramusaji merupakan duta dari perusahaan itu.

4. Seorang wiraniaga

Pramusaji selalu menjaga kekayaan perusahaan, efisien dan efektif. Pramusaji juga harus bisa memperhatikan pelanggannya dan mendatangkan langganan baru bagi perusahaan itu.