Tugas Manajer Dan Keterampilan

Uraiantugas.com – Hallo Sahabat UT, Kali ini kami membahas tentang Apa Saja Tugas Dari Manajer. Nah Manajer tersebut harus memiliki kemampuan dalam menjalankan kepemimpinan, dimana kepemimpinan pada dasarnya adalah kemampuan dalam untuk mempengaruhi ,menggerakan, dan mengarahkan suatu tindakan pada diri seseorang atau kelompok orang untuk tujuan tertentu. 

Tugas Manajer Dan Keterampilan

Seorang manajer yang menjalankan kepemimpinan juga harus mempengaruhi bawahannnya untuk melakukan kegiatan yang dapat mendukung pencapaian tujuan organisasi, salah satunya dengan meningkatkan prestasi kerja.

Seorang manajer sebaiknya memberikan imbalan kepada karyawannya walaupun hanya karena tindakan- tindakan kecil dan memberikan hukuman seminim mungkin dan kalau bisa di hindari. Dimana sifat hukuman hanya untuk control performa karyawan tetap dalam keadaan baik.

Tugas-tugas Manajer

Manajer Bekerja Dengan Dan Melalui Orang-Orang Lain

Istilah orang-orang diatas berarti ada banyak pihak yang harus diajak bekerja oleh seorang manajer bisa saja bawahan, atasan maupun manajer di bidang kerja lain. Dan individu yang ada di luar organisasi misalnya para pelanggan , rekanan, klien dan lain sebagainya.

Tujuannya adalah agar dapat mecapai sasaran-sasaran dalam keorganisasian mereka. Disamping itu para manajer juga bekerja sama guna menetapkan tujuan-tujuan jangka panjang organisasi dan merumuskan bagaimana mencapainya. Maka dari itu dapat kita simpulkan bahwa manajer betugas sebagai penyalur komunikasi didalam organisasi.

Bertangung Jawab Dan Dapat Dimintai Pertanggung Jawaban

Para manajer ditugaskan agar seluruh tuntutan pekerjaan berjalan dengan baik dan berhasi. Sehingga tanggung jawab yang di berikan akan lebih besar ketimbang non-manajer yang ada. Dan manajer biasanya memimpin beberapa bawahan sehingga tindakan yang dilakukan oleh bawahan adalah pertanggung jawaban dari seorang manajer. Jadi tugas manajer bertanggung jawab atas semua aktivitas dalam organisasi tersebut terutama pengendalian karyawan yang di naunginya.

Mengimbangi Tujuan Dan Memprioritaskannya

Menjadi Manajer tentunya memiliki banyak tujuan dalam organisasi demi membangun dan memajukan organisasi yang di pimpinnya maka dari itu para manajer harus bisa memilih mana tujuan yang prioritasnya tinggi dan mana yang prioritas nya rendah. Sehingga pekerjaan bisa terlaksana dengan baik.

Berfikir Secara Analitikal Dan Konseptual

Agar dapat berfikir secara analitikal seorang manajer harus bisa mengurai masalah-masalah yang ada dan kemudian menganalisis sehingga manajer dapat menemukan pemecahan masalah tersebut.

Yang tak kalah penting adalah berfikir konseptual yakni manajer harus bisa menghubungkan tugas tugas nya dengan tugas tugas lainnya. Karena ini bukan hal yang mudah bagi manajer.

Sebagai Mediator Dalam Organisasi

Disetiap organisasi pastilah banyak orang-orang yang memiliki kepentingan, maka akan muncul juga yang namanya ketidaksepakatan. Seorang manajer harus bisa menengahi perselisihan yang terjadi dengan cepat dan tepat agar masalah tersebut tidak menjadi rumit.karna kebanyakan manajer saat ini sulit memposisikan dirinya sebagai mediator. Malah bisa jadi sebagai provokator dalam organisasi.

Manajer Merupakan Politisi

Politisi disini bukan berarti berpolitik dengan sebuah partai akan tetapi manajer harus mempunyai hubungan baik dengan mitra diluar organisasi. Untuk membangun jaringan kerja yang lebih luas.

Manajer Merupakan Diplomat

Para manajer pada saat-saa tertentu adalah wakil resmi dari organisasi pada pertemuan formal organisasi.

Manajer merupakan Simbol

Manajer mempersonifikasikan kepada seluruh anggota organisasi secara internal maupun eksternal organisasi atas keberhasilan ataupun kegagalan organisasi tersebut.

Membuat Keputusan Sulit

Masalah yang dihadapi oleh organisasi harus juga jihadapi oleh manajer bahkan manajer seringkali berada di barisan depan tetapi dengan begitu manager akan membuat keputusan yang cukup sulit sekalipun keputusannya membuat dirinya malah kerepotan.

Keterampilan-keterampilan Manajer

• Ketrampilan konsepsual (Conceptual skills) adalah kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi.

• Ketrampilan kemanusiaan (human skills) adalah kemampuan untuk bekerja dengan memahami dan memotivasi orang lain, baik sebagai individu ataupun kelompok.

• Ketrampilan administrative (administrative skills), adalah seluruh ketrampilan yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan kepegawaian dan pengawasan.

• Ketrampilan teknik (technical skills) adalah kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan, prosedur-prosedur, atau teknik-teknik dari suatu bidang tertentu, seperti akuntansi, produksi, penjualan, dan sebagainya.