Tugas Software Developer

Uraiantugas.Com – Hallo sahabat UT...! dengan adanya berbagai bisnis start up, berimbas terhadap naiknya kebutuhan akan software developer. Software developer tidak hanya membutuhkan seseorang yang cerdas, kreatif , dan tekun karena pekerjaan ini tidak hanya terpaku pada pengembangan perangkat lunak, namun juga harus mampu memberikan manajemen hasil terbaik.

Tugas Software Developer

Pekerjaan sebagai software developer tentu akan sangat dibutuhkan. Hampir semua perusahaan saat ini menggunakan sistem perangkat lunak. Hal inilah yang membuat seorang software developer bisa bekerja di berbagai industri. Tantangan yang harus dihadapi oleh seorang software developer adalah deadline pekerjaan yang sangat banyak. 

Di dunia developer sendiri, istilah ini sering disebut dengan Software Development Life Cycle (SDLC). SDLC sendiri merupakan siklus hidup dari pengembangan software. Tujuan dari penggunaan SDLC sendiri adalah untuk membangun sebuah sistem informasi yang direncanakan dengan baik agar memenuhi target produk yang akan dirilis. 

Apa tugas software developer?

1. Membantu komunikasi antar tim developer dalam pengembangan aplikasi. Hal ini sangatlah penting, karena untuk mengurangi terjadinya miss communication antar tim. 

2. Memodifikasi software yang ada untuk memperbaiki kerusakan, mengizinkan untuk mengadaptasi hardware baru, dan untuk mengembangkan kinerjanya

3. Mengembangkan dan mengarahkan pengujian sistem software dan prosedur validasi, pemrograman, dan dokumentasi

4. Bekerjasama dengan analis sistem (system analyst), programmer, Project Manajer, Database Administrator, Graphic Designers dan pekerja lainnya untuk mendesain sistem & aplikasi, dan untuk memperoleh informasi mengenai limitasi dan kapabilitas proyek, serta persyaratan dari projek tersebut

5. Melakukan evaluasi terhadap software dan Menganalisis kebutuhan pengguna dan kebutuhan software untuk menentukan kelayakan desain 

6. Mendesain, mengembangkan, dan memodifikasi sistem software dengan menggunakan analisis ilmiah dan model matematika untuk memprediksi dan mengukur hasil dan konsekuensi dari desain

7. Melakukan pemeliharan dengan cara memantau dan memperbaiki

Skill dan kualifikasi software developer

1. Pengetahuan yang bagus tentang sistem dan teknologi komputer

2. Bertanggung jawab dan mampu menyelesaikan tugas dengan baik

3. Mampu bekerja mandiri dan juga tim

4. Problem solving dan logical analysis yang andal

5. Highly detail-oriented

6. Multitasking

7. Kemampuan berpikir logis, 

8. Kemampuan berpikir sistematis,

9. Kemampuan manajerial, Keterampilan rekayasa informatika, 

10. Penguasaan bahasa asing dan 

11. Pemahaman bahasa pemrograman.

Berapa kisaran gaji seorang Software Developer?

Dimana tantangan yang harus dihadapi oleh seorang software developer adalah deadline pekerjaan yang sangat banyak. Gaji Software Developer berkisar antara Rp 5.000.000 hingga Rp 8.000.000.

Sertifikasi Pendukung Software Developer

1. Microsoft Certified System Developer (MCSD), 

2. Sun Certified Programmer, 

3. Oracle Certified DBA Professional, dan 

4. Certified Internet Web Master(CIW).

Perbedaan Software Engineer dan Software Developer?

Software Engineer layaknya seorang arsitek, sedangkan Software Developer berperan sebagai eksekutor. Setelah Software Engineer merancang software sesuai dengan keinginan dan kebutuhan klien, barulah Software Developer beraksi. Profesi ini akrab dengan coding, menilai sebuah sistem, mengembangkan ide, berkolaborasi dengan user, desainer, juga system analyst.