Tugas Content Creator

Uraiantugas.com - Hallo sahabat UT, kali ini kami membahas tentang Apa saja Tugas Dari Content Creator Serta Alasan Menggunakan Jasa Content Creator. Nah simak penjelasan dibawah ini

Apa yang dimaksud dengan content creator?

Content creator adalah sebuah profesi yang kegiatannya menyebarkan informasi yang ditransformasikan kedalam sebuah gambar, video dan tulisan atau disebut sebagai sebuah konten, yang kemudian konten tersebut disebarkan melalui platform atau media sosial. Seiring berjalannya waktu, kini content creator perlu memiliki keahlian khusus. 

Apa Tugas content creator?

Tugas dari content creator sendiri mengumpulkan ide, data, dan melakukan riset serta membuat konsep untuk menghasilkan suatu konten. Menghasilkan konten yang sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan. Berusaha memenuhi tujuan yang disepakati dari sebuah konten. Misalnya, tujuan promosi, edukasi, menghibur atau memberi informasi. Kemudian menyesuaikan konten dengan platform yang dipilih. Dalam hal ini, seorang content creator bisa menghasilkan karya untuk multi platform. Dan mengevaluasi konten yang telah ditayangkan.

Bagi para content creator tersebut, setiap projek yang mereka kerjakan merupakan sebuah pengalaman yang berharga dan tidak akan terlupakan. Cerita mengenai pengalaman para content creator dalam membentuk corporate branding, melalui aktivitasnya membuat konten di media sosial adalah tindakan sosial dalam dunia sehari-hari. Tindakan sosial tersebut berfungsi sebagai elemen-elemen kecil yang kemudian merekontruksi satu sama lainnya menjadi pengalaman yang bermakna

Dengan adanya media sosial, para content creator menyebutkan bahwa kegiatan berkonten bisa dijadikan media promosi baru dengan budget yang tidak terlalu mahal bagi perusahaan. Dengan adanya content creator maka perusahaan mendapatkan media promosi baru yang isi pesannya dapat dibuat semenarik mungkin dan dapat dimanfaatkan sebagai media branding perusahaan.

Cara membangun karier Content Creator

Penyebaran konten dari berbagai platform memudahkan masyarakat dalam mendapatkan suatu informasi, baik berupa peningkatan kemampuan komunikasi, penyebaran berita, bahkan kegiatan jual beli. Dari kondisi tersebut, penyebaran konten sangat berpengaruh besar terhadap naiknya tingkat penjualan pada suatu produk, terlebih lagi di era digital saat ini e-commerce secara signifikan meningkatkan aktivitas jual beli karena mudahnya masyarakat mengakses informasi mengenai produk yang mereka inginkan. berikut adalah hal-hal dalam membangun karier sebagai Content Creator.

1. Pelajari Kebutuhan audiens 

Salah satu kualitas terbaik dari Content Creator yang sukses adalah mereka mengetahui audiens-nya luar dan dalam. Anda juga harus mampu meneliti keinginan dan kebutuhan dari audiens yang belum mampu anda penuhi. Dalam menilai hal tersebut, sebagai Content Creator anda dapat mengelompokkan audiens berdasarkan usia, gender, lokasi, anggota keluarga, profesi, hingga gaji. Jadi, proses penilaianmu juga akan lebih mudah dan terorganisir.

2. Buat konten yang berkualitas

Apa saja konten yang dapat dinilai berkualitas? Menurut Google, konten yang berkualitas harus mampu menyuguhkan informasi secara detail namun tidak bertele-tele. Selain itu, konten tersebut juga harus ditulis dengan tata bahasa yang baik dan telah disunting untuk dipastikan kualitas bahasanya.

Tidak hanya itu, konten yang berkualitas juga perlu mengedepankan user experience. User harus mampu merasa nyaman dan tidak terganggu ketika melihat, mendengar, atau membaca konten yang anda buat. Biasanya sebagai Content Creator, anda juga tidak hanya akan fasih membuat konten tulisan tetapi juga menghandle Content Creator Youtube.

3. Selalu update 

Carilah konten maupun berita relevan terkait industri yang anda geluti dan selalu ikuti setiap perkembangannya. Jangan sampai ketinggalan satu hal pun yang sedang viral agar konten yang anda buat nantinya tetap selalu baru serta mengikuti tren yang ada.

4. Rajin Menulis

Menulis menjadi salah satu keahlian untuk menjadi Content Creative. Dengan menulis secara rutin dalam keseharian akan mampu meningkatkan kemampuanmu dalam menciptakan konten tulisan dan ide-ide yang diperlukan di dalamnya. jadikanlah menulis sebagai kebiasaan setiap hari. Usahakanlah untuk menulis artikel 1.500 kata perharinya untuk terbiasa menulis dan menuangkan ide-idemu.

5. Pahami keyword dan SEO 

Seorang Content Creative juga dituntut mengerti hal terkait SEO. Melalui manajemen SEO yang bagus, kontenmu dapat mudah ditemukan melalui mesin pencari. Ini akan membantumu untuk menjadi lebih dikenal dan tentunya kontenmu lebih bermanfaat. Dari sana anda bisa mendapatkan pemasukan dari Google. Apalagi bila dilihat sekarang ini sistem SEO tidak hanya dipergunakan untuk situs, namun juga meliputi gambar dan video.

6. Kolaborasi dengan Content Creator lain

Conten Creator yang sukses mereka tidak berdiri sendiri. Mereka membangun jaringan dengan Content Creator lainnya untuk membuat suatu konten yang bisa dilihat oleh audiens. Seperti yang anda lihat di Content Creator YouTube saat ini, ada banyak Content Creator yang membuat konten secara bersama-sama. Mereka berkolaborasi untuk menambah jumlah subscriber di samping mempelajari keberhasilan konten masing-masing.

7. Ikut komunitas dan online course 

Content creator yang sudah berhasil tahu bahwa kesuksesan yang didapat tidak hanya karena passion yang dimiliki melainkan juga karena ada sosok penting yang mengajari, menginspirasi, serta mendorong mereka untuk berpikir dengan cara yang berbeda dan itu semua bisa diperoleh dengan bergabung di komunitas.

Komunitas juga sering mengadakan kursus tertentu untuk meningkatkan keahlianmu dalam membuat konten, misalnya trik mengatur kamera, dasar-dasar menyunting video, atau kursus lain yang berhubungan dengan industri yang anda geluti. Biasakan juga untuk membangun jaringan dengan memanfaatkan berbagai kesempatan yang anda miliki. Luangkan waktu di Twitter, Facebook, atau Instagram untuk terhubung dengan komunitas atau pemuka pemikiran di industri yang anda geluti dan ikuti mereka di media sosial.

9. Menerima kritik dan saran 

Pekerjaan content creator tidak selesai begitu saja saat konten diunggah, justru ini adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi kontenmu dengan mendengarkan tanggapan orang lain dan mempertimbangkan saran dari mereka untuk konten yang lebih baik lagi kedepannya. Content creator yang sukses menyadari bahwa masih ada banyak hal untuk dipelajari dan mereka akan bersikap terbuka terhadap pemikiran maupun cara pandang yang baru.

Alasan kenapa memerlukan content creator

Pada umumnya, content creator akan menggunakan banyak sekali platform dalam menyebarkan konten yang sudah mereka produksi. Jadi, selain Instagram, Youtube, Facebook atau TikTok, mereka juga menggunakan blog, infografik dan juga ebook untuk bisa menyebarkan seluruh kontennya. Yang dimaksud content creator dalam hal ini bukanlah seorang selebriti ataupun blogger. Walaupun mereka memang tergolong orang yang mampu menciptakan konten, namun tidak semua orang yang bisa menciptakan konten termasuk kedalam selebriti ataupun blogger kenamaan. 

Terdapat beberapa alasan kenapa memerlukan content creator untuk keperluan strategi pemasaran bisnis. 

a. Membuat membuat konten yang menarik, 

b. Seorang content creator bisa merealisasikan suatu strategi dalam wujud karya yang unik dan juga menarik dimata audiens. Misalnya saja dalam hal penggunaan font, warna dan juga tone yang tepat dan juga sesuai dengan brand image. 

c. Membantu dalam memproduksi konten yang sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan pelanggan. 

d. Membantu dalam mencapai tujuan pemasaran karena pembuatan konten akan semakin sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat.