Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas System Engineer/Administrator Bidang Computer Sytem & Networking

Uraiantugas.com – Hallo sahabat UT, kali ini kami akan membahas tentang Apa saja tugas dari System Engineer / Administrator Bidang Computer Sytem & Networking. berikut adalah penjelasannya.

Profesi System Engineer / System Administrator (Sys Admin) adalah profesi yang mirip dengan network engineer tetapi dituntut memiliki pengetahuan lebih detail dalam hal desain dan administrasi server-server yang ada di suatu jaringan internal. Seseorang dengan posisi ini akan diserahi tanggung jawab untuk memastikan system (hardware, software dan jaringan komputer) di suatu perusahaan berjalan desuai harapan dan memegang kunci pasword utama jaringan internal perusahaan (Administrator). Serifikasi untuk profesi ini contohnya adalah MCSE untuk platform Microsoft Windows.

Tugas System Engineer/Administrator Bidang Computer Sytem & Networking

Selain itu System Engineer / System Administrator membantu merancang, mengelola, merencanakan, dan mengoptimalkan sistem operasi, alat manajemen sistem, dan perangkat lunak aplikasi. System Engineer / System Administrator mengembangkan sistem yang menciptakan produk dari awal hingga akhir dengan mengawasi semua aspek pengembangan produk, manajemen perangkat lunak, dan transportasi. 

Tugas System Engineer / Administrator Bidang Computer Sytem & Networking

Tugas serta tanggung jawab dari seorang system engineer / Administrator Bidang Computer Sytem & Networking memang bisa berbeda-beda untuk setiap perusahaan. 

1. Mendesain dan membangun sistem dan jaringan komputer terutama dalam hal teknologi server dan konektifitasnya baik LAN maupun WAN

2. Memberikan solusi terbaik dalam hal pemilihan dan teknologi server dan software yang digunakan dalam hal efisiensi, reliability, security dan aspek-aspek lain yang terkait

3. Memastikan/memaintain suatu jaringan internal (baik LAN maupun WAN) dapat berfungsi dengan baik.

Keahlian yang Diperlukan

1. Memahami konsep dan desain infrastruktur jaringan dan troubleshooting-nya

2. Mamahami setting dan instalasi tentang perangkat aktif jaringan seperti router, switch, hub, firewall dll.

3. Menguasai secara mendalam salah satu atau beberapa platform / network operating system untuk membangun suatu domain yang aman dan terintegrasi, contohnya seperti “Active Directory” untuk platform windows.

4. Menguasai secara mendalam tentang instalasi, setting dan troubleshooting PC dan server yang bisa digunakan dalam infrastruktur jaringan seperti domain controller, proxy, filrewall, mailserver, DNS dll

5. Menguasai secara teknis dan praktis mengenai keamanan jaringan / system