Menu Buka puasa Rendah Kalori

Uraiantugas.com - Hallo sahabat UT, nah kali ini kami membahas Tentang Apa Saja jenis makanan rendah kalori yang bisa dihidangkan sebagai menu berbuka puasa..? Ketika berbuka puasa, tubuh memerlukan makanan dan minuman bergizi untuk menggantikan cairan dan nutrisi yang hilang. 

Saat berbuka puasa dan sahur makanan yang sering dikonsumsi banyak mengandung gula, lemak, dan garam. Makanan tersebut cenderung tinggi kalori sehingga berpotensi menambah berat badan. Berikut adalah beberapa jenis makanan rendah kalori yang dapat dihidangkan sebagai menu berbuka puasa.

1. Beras Merah

Biasanya, mereka yang memakan beras ini sedang menjalankan program diet atau tengah menerapkan gaya hidup sehat. Dibandingkan beras putih, beras merah ini memang memiliki kalori lebih rendah. Beras ini dinilai lebih kaya nutrisi dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah secara langsung. Ini berarti nasi merah cocok dikonsumsi setiap hari sebagai pendamping lauk-pauk menu sahur dan berbuka.

2. Buah

Buah-buahan adalah makanan bergizi yang diperkaya vitamin, serat, dan nutrisi lain. Buah menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi para penggiat diet! Bahkan terdapat jenis-jenis buah rendah kalori antara lain

a. Apel 

b. Lemon

c. Jeruk Bali

d. Buah Ceri

e. Kiwi

f. Pepaya

g. Pisang

h. Alpukat

3. Sayuran

Sayur-sayuran berikut mengandung kandungan kalori yang sangat sedikit dan bahkan mendekati nol kalori namun sangat bergizi untuk kesehatan tubuh, di antaranya adalah : 

a. Brokoli

b. Kubis

c. Wortel

d. Bayam

e. Mentimun

f. Jamur

4. Ikan

Ikan banyak mengandung protein dan kandungan omega 3 yang berguna untuk meningkatkan kecerdasan otak dan menyehatkan jantung. Untuk mengurangi konsumsi kalori lebih banyak, berikut adalah ikan yang rendah kalori

a. Salmon 

b. Tuna

c. Kod

d. Tenggiri

e. Sarden

f. lele

5. Telur

Selain tinggi protein, telur yang berukuran besar juga masih tergolong rendah kalori. Lebih baik jika telur dimasak dengan cara direbus daripada digoreng. Pasalnya minyak yang digunakan untuk menggoreng telur mengandung lemak, sehingga memiliki kadar kalori yang tinggi dan berpotensi menambah berat badan.

6. Sup

Pilih sup berbasis kaldu seperti sup ayam, sup kacang merah, atau sup sayur bening sebagai menu berbuka puasa.

Dikutip Dari Berbagai Sumber