Konsep Perawatan Kulit Wajah

Uraiantugas.com -  Hallo sahabat UT kali ini kami akan membahas tentang Apa saja Konsep Perawatan Kulit Wajah. Nah Sudah menjadi ketentuan alam jika setiap pertambahan usia membawa konsekuensi penurunan kualitas tubuh. Kulit wajah yang saat muda halus dan kencang, semakin bertambah usia, semakin menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti kerut, keriput, garis halus dan flek hitam. Proses penuaan pada kulit terjadi karena kulit tidak dapat lagi menghasilkan banyak kolagen dan elastin, yang fungsinya untuk mengencangkan dan mengenyalkan kulit. Penurunan produksi kolagen dan elastin dialami oleh orang-orang yang berusia di atas 30 tahun, karena kulitnya semakin tua, semakin menipis dan kering. Banyak cara dapat dilakukan untuk memperlambat proses penuaan dan tetap awet muda, salah satunya dengan melakukan perawatan wajah sejak dini secara rutin.

Konsep Perawatan Kulit Wajah

Perawatan wajah sebaiknya dilakukan sesuai dengan kondisi kulit. Dewasa ini sudah banyak produk kosmetik perawatan kulit wajah yang sesuai dengan jenis kulit, mulai yang tradisional sampai modern yang kesemuanya memberikan solusi untuk merawat dan mengatasi berbagai masalah kulit. Seiring dengan gerakan kembali ke alam, tidak sedikit yang menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat kecantikan. Perawatan kulit wajah pada umumnya memiliki tujuan untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatan dan fungsi kulit serta memperindah wujud luar kulit yakni agar kulit wajah terasa nyaman, lembut, bersih, putih, halus, lembab berembun dan bersinar.

Perawatan wajah yang dilakukan secara rutin memberikan beberapa keuntungan sebagai berikut : kulit wajah bersih, meningkatkan sirkulasi darah pada bagian wajah, mendorong kegiatan susunan kelenjar, mengendorkan urat-urat syaraf, memelihara bentuk otot, memperkuat jaringan urat yang lemah, mencegah timbulnya gangguan atau penyakit kulit, mencegah timbulnya keriput, menyempurnakan kulit wajah dan awet muda.

Kulit merupakan bagian tubuh yang bersentuhan langsung dengan segala hal di luar tubuh seperti cuaca, sinar matahari atau lainnya. Kulit juga merupakan hal pertama yang terlihat saat mulai mengalami penuaan. 

Trik merawat kulit agar tetap segar dan cantik

1. Perlindungan terhadap matahari. Matahari memiliki peran utama dalam merusak kulit. Kita perlu melindungi kulit dari sinar matahari untuk mencegah penuaan pada kulit. Matahari sangat berpengaruh dalam membuat kulit berkerut, kering dan membuat warna kulit berubah. Perubahan tekstur kulit, penipisan kulit dan penyakit kulit yang berhubungan dengan paparan sinar matahari dapat membuat kulit terlihat jauh lebih tua. Mulailah melindungi kulit dengan krim pelindung matahari.

2. Hindari merokok. Merokok tidak hanya menyebabkan kanker paru- paru, tetapi juga dapat membuat kulit kusam dan berkerut. Hasil penelitian menunjukkan adanya dugaan kuat, bahwa nikotin yang terkandung dalam rokok memiliki pengaruh yang sama layaknya dengan elastin pada matahari.

3. Berolah raga. Sejalan dengan bertambahnya usia, sangat mustahil menyembunyikan tanda-tanda penuaan yang tampak pada permukaan kulit. Leher, pipi dan sudut mata merupakan bagian dari wajah yang paling mudah terlihat saat usia bertambah tua. Untuk memperbaiki penampilan kulit, harus ada keseimbang-an antara diet dan olah raga secara rutin. Biasakan minum air putih paling sedikit delapan hingga sepuluh gelas setiap hari.

4. Senyum memiliki manfaat ajaib. Wajah cenderung menyesuaikan pada posisi dari ekspresi yang kita bawa sepanjang hari. Jika kita lebih sering cemberut atau marah-marah, kulit wajah akan lebih cenderung cepat berkerut, terutama di area mata, garis dan sudut bibir atau garis-garis lain yang mengikuti ekspresi saat cemberut. Menebar senyuman dapat membuat keajaiban bagi kulit dan membuat awet muda. Untuk mencegah cepat menjadi tua yang perlu dilakukan yaitu lebih banyak tersenyum. 

5. Perawatan kulit. Merawat kulit merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan. Cucilah wajah setiap kali sehabis ke luar rumah dan terkena terik sinar matahari. Mengangkat kulit mati dengan peeling secara teratur, akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari kotoran yang menempel di wajah sehingga kulit dapat lebih leluasa bernapas dan lebih cerah. 

6. Posisi tidur. Tidur dengan posisi telungkup dapat mengakibatkan kulit berkerut. Hindari tidur dengan posisi tetap sepanjang malam, hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kusut.