Pembersihan Wajah (clean face)

Uraiantugas.com - Hallo sahabat UT Nah kali ini kami akan membahas tentang Apa saja cara Pembersihan Wajah (clean face). Kulit wajah yang sehat dan cantik hanya dapat diperoleh melalui perawatan yang dilakukan secara benar. Membersihkan wajah merupakan perawatan dasar yang harus dilakukan setiap hari ketika akan bermake-up dan ketika akan tidur wajah harus bersih dari make-up. Membersihkan wajah dilakukan dengan tujuan untuk mengangkat dan menghilangkan kotoran yang melekat pada kulit wajah dan leher. Kotoran ini dapat berupa debu, keringat, riasan wajah (make-up), palit berupa lemak dan sel-sel tanduk yang terkelupas dan masih melekat pada kulit serta menutupi pori-pori di wajah dan leher.

Pembersihan Wajah (clean face)

Hal yang perlu diperhatikan jika ingin membersihkan wajah adalah kenali dulu jenis kulit wajahmu. Dengan begitu, anda bisa memilih pembersih wajah yang tepat sesuai dengan jenis kulitmu.

Kulit wajah berminyak cenderung memiliki pori-pori yang besar, terdapat komedo atau jerawat, dan terlihat mengkilap. Kulit wajah jenis ini dianjurkan memakai sabun pembersih wajah bebas minyak atau oil-free dan toner untuk menghilangkan minyak berlebih. Selain itu, anda juga bisa menggunakan sabun pembersih wajah yang mengandung gliserin untuk membantu mengurangi minyak di wajah.

Sementara itu, kulit wajah kering cenderung kasar dan bersisik. Untuk jenis kulit ini, disarankan menghindari pembersih wajah yang mengandung alkohol dan pewangi, agar kulit tidak semakin kering.

Jika anda memiliki kulit sensitif, kulitmu biasanya akan terasa gatal, perih, dan terlihat memerah setelah menggunakan produk perawatan tertentu. Agar hal itu tidak terjadi lagi, pilihlah produk yang tidak mengandung alkohol, parfum, dan asam salisilat.

Pembersihan kulit wajah dapat dilakukan dengan dua cara yaitu pertama dengan menggunakan susu atau krim pembersih dan ke dua dengan menggunakan sabun khusus untuk wajah. Susu atau krim pembersih biasanya berupa emulsi yang berisi antara lain minyak mineral dan susu. Sabun wajah yang baik untuk kulit adalah sabun yang memiliki pH seimbang dengan kelembaban kulit. Hindari pemakaian sabun badan untuk membersihkan kulit wajah karena sabun badan mengandung alkali yang kelembabannya tidak seimbang dengan kelembaban kulit wajah.

Tahap Pembersihan Wajah

Nah Setelah mengetahui apa jenis kulitmu, bersihkan wajah dengan langkah-langkah berikut ini. seperti dikutip dari alodokter.com

1. Membersihkan wajah dari makeup

Bersihkan wajah dengan menghilangkan makeup terlebih dahulu menggunakan cairan make up remover. Untuk makeup mata yang membandel seperti maskara dan eye liner, anda bisa memakai cairan remover khusus dengan bahan dasar minyak.

2. Bersihkan wajah dengan lembut

Setelah makeup bersih, cuci wajah dengan sabun pencuci muka yang sesuai dengan jenis kulit wajah. Kemudian basuhlah sabun di wajah menggunakan air hangat. Hindari penggunaan waslap atau spons khusus untuk wajah, karena hanya akan membuat kulit wajah iritasi.

3. Keringkan dengan handuk bersih

Wajah yang sudah bersih bukan berarti bebas dikeringkan dengan handuk seadanya. Jangan gunakan handuk pengering tangan yang menggantung di wastafel. Walau kelihatannya bersih, tetap saja ada banyak bakteri yang menempel.

4. Gunakan pelembap

Jika kulit wajah anda kering, gunakan krim pelembap setelah selesai membersihkan wajah. Oleskan krim tersebut secara merata ke kulit wajah anda.

Urutan pengolesan susu atau krim pembersih pada kulit wajah yaitu :

1) Pada bagian pipi kiri ke arah di bawah mata kiri

2). Pada bagian pipi kanan ke arah di bawah mata kanan

3). Pada bagian dahi

4). Pada bagian hidung

5). Pada bagian dagu dan leher