Prosedur Perawatan Wajah

Uraiantugas.com – Hallo sahabat UT kali ini kami akan membahas tentang Apa Saja Prosedur Perawatan Wajah. Nah Dalam kegiatan sehari-hari, kulit wajah tidak bisa terbebas dari kotoran baik debu maupun kosmetik yang menempel pada kulit, terutama bagi seorang yang bepergian. Keadaan seperti ini jika dibiarkan akan menimbulkan beberapa gangguan pada kulit wajah, misalnya komedo, acne/jerawat, pigmentasi, kerutan kecil dan sebagainya. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu dilakukan perawatan secara teratur dan periodik. Perawatan secara teratur dapat dilakukan dengan teknik yang benar dan dengan kosmetik yan g sesuai. berikut adalah penjelasannya

Prosedur Perawatan Wajah

Perawatan wajah secara umum 

1. Pembersihan wajah (clean face). Pada tahap ini alis, mata, dan bibir dibersihkan dengan eye make-up remover. Untuk wajah dan leher dibersihkan dengan susu pembersih (cleansing milk). Pembersihan berikutnya dapat diulang dengan menggunakan sabun khusus untuk wajah. Setelah dibersihkan dengan air hangat, gunakan penyegar (face tonic atau astringent) yang bermanfaat untuk mengecilkan atau menutup pori-pori yang terbuka ketika dibersihkan.

2. Pemijatan atau pengurutan yang dilakukan pada bagian wajah, leher dan bahu dengan menggunakan krim massage. Pengurutan dilakukan untuk melancarkan peredaran darah, sehingga kulit wajah tetap segar dan tidak lesu. Pemijatan dapat dilakukan dengan tekanan yang ringan sampai gerakan menggetar untuk merangsang dan menenangkan urat syaraf. Setelah wajah dipijat dapat dilakukan penguapan agar pori-pori terbuka lebih besar sehingga memudahkan perawatan selanjutnya.

3. Pengelupasan (peeling). Pada tahap ini dilakukan pengangkatan tumpukan kulit mati dengan menggunakan krim peeling. Pengelupasan dapat membuat proses pergantian sel-sel kulit akan lebih cepat, meningkatkan aliran darah dan mempermudah penyediaan makanan bagi permukaan kulit sehingga kulit akan tampak lebih muda, cerah dan kencang.

4. Penggunaan masker yang berfungsi untuk mencerahkan kulit, sehingga kulit terlihat lebih putih dan kencang. Pada tahap ini, campurkanlah bubuk masker dengan air mawar dan oleskan ke seluruh wajah, leher, dada bagian atas dan bahu. Setelah masker kering, angkat dengan menggunakan air hangat, kemudian kompres dengan air es sehingga pori-pori akan lebih tertutup.

Perawatan wajah sebaiknya dilakukan secara berurutan, karena akan menjadi dasar untuk perawatan tahap selanjutnya. Perawatan yang tidak dilakukan secara berurutan akan merusak keseimbangan pH kulit yang justru dapat menimbulkan masalah seperti kulit menjadi kasar, berjerawat dan bahkan mengalami penuaan dini.