Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Menentukan Ide Bisnis

UraianTugas.com – Hallo sahabat UT, Nah kali ini kami akanmembahas tentang Apa Pentingnya Ide Bisnis Ok. Lanjut. Perlu diketahui Yang dimaksud dengan Ide Bisnis adalah gambaran singkat dan tepat mengenai bisnis yang hendak didirikan/dijalankan. simak penjelasan dibawah ini

Pentingnya Ide Bisnis

Memiliki Ide Bisnis yang baik adalah langkah awal untuk mengubah keinginan dan kreatifitas menjadi peluang bisnis.

Langkah Mudah Menetukan Ide Bisnis

Sumber Ide Bisnis

1. Hobi

Ide bisnis biasanya muncul pada saat terdesak atau tidak sengaja muncul ide-ide yang unik. Seperti contohnya yang sering kita ketahui ide bisnis itu didasari oleh hobi. Dari hobi itu dapat diciptakan usaha yang menguntungkan. 

2. Keahlian/ keterampilan

Keterampilan diperlukan dalam menjalankan sebuah bisnis, karena seorang wirausaha merupakan jantung dari usaha yang dijalankan. Keterampilan yang dimilikinya akan menjadikan usaha yang dijalankannya berkembang dan sukses. Keterampilan tersebut juga merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan sebuah usaha.

3. Kesuksesan/Kegagalan 

Kegagalan usaha sebenarnya bisa menjadi tonggak awal menuju sukses. Dengan kegagalan, kita dapat belajar dari kesalahan dan lebih mapan pengalaman. Banyak perusahaan semakin maju setelah didera masalah. Nah apakah kita harus selalu mengandalkan kegagalan untuk belajar? Mungkinkah menghindari kegagalan? Jalan termudah untuk menghindari kegagalan adalah dengan cara mengenali kegagalan itu sendiri.

Sedangkan Keberhasilan usaha adalah suatu keadaan dimana usaha mengalami peningkatan dari hasil yang sebelumnya. Keberhasilan usaha merupakan tujuan utama dari sebuah perusahaan, dimana segala aktivitas yang ada di dalamnya ditujukan untuk mencapai suatu keberhasilan. keberhasilan usaha industri kecil di pengaruhi oleh berbagai faktor. Kinerja usaha perusahaan merupakan salah satu tujuan dari setiap pengusaha. Kinerja usaha industri kecil dapat diartikan sebagai tingkat keberhasilan dalam pencapaian maksud atau tujuan yang diharapkan. Sebagai ukuran keberhasilan usaha suatu perusahaan dapat dilihat dari berbagai aspek, seperti: kinerja keuangan dan image perusahaan

4. Pengalaman Kerja

Apabila adan bercita- cita untuk tidak bekerja lagi di masa depan. Maka manfaat pengalaman kerja yang sudah dimiliki akan menjadi ilmu berharga. anda bisa membuat bisnis atau memutuskan untuk bekerja dari rumah dengan bekal pengalaman kerja yang cukup. Karena anda sudah mengetahui cara menangani pekerjaan dengan tepat dan bisa memprediksi hambatan yang mungkin terjadi. Menjadi pekerja berkualitas yang punya banyak pengalaman akan menjadi nilai tambah bagi diri kamu sendiri.

5. Pengamatan

Memulai bisnis dari hasil pengamatan terhadap bisnis orang lain yang menghasilkan bisnis baru adalah konsep dari strategi ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Strategi ATM atau Amati, Tiru, dan Modifikasi merupakan konsep yang sering terdengar di bidang wirausaha, bisnis, kreatif, dan lain-lain. Konsep ini merupakan strategi dimana seseorang yang akan melakukan sesuatu di bidangnya (misal: bisnis) dengan melakukan tahap mengamati, meniru, dan memodifikasi yang sudah ada menjadi hal yang baru dan berbeda. Setiap aspek dalam strategi ini merupakan hal yang berurutan, terencana, dan terorganisir agar dapat memunculkan suatu ide baru yang belum ada sebelumnya.

Gambaran Ide Bisnis

1. Apa 

Produk atau jasa apa yang anda jual?

2. Siapa 

Siapa yang membeli produk atau jasa anda?

3. Bagaimana 

Bagaimana anda akan menjual produk atau jasa anda?

4. Yang Mana 

Kebutuhan pelanggan yang mana yang anda dapat penuhi? Ide bisnis dengan mempertimbangkan kebutuhan pelanggan.

Swot Analysis 

Setelah memiliki ide bisnis, maka anda perlu mengujinya dengan melakukan analisis SWOT

SWOT merupakan singkatan dari Strength (S) atau kekuatan, Weakness (W) atau kelemahan, Opportunity (O) atau peluang dan Threats atau ancaman.

(S) Strength (Kekuatan)

Hal-hal yang berpengaruh positif pada bisnis anda

(W) Weakness (kelemahan)

Hal-hal yang tidak terlalu baik dalam bisnis anda

(O) Opportunity (peluang)

Hal-hal yang ada di masyarakat, yang mempunyai pengaruh positif pada bisnis anda

(T) Threats (ancaman)

Hal-hal yang ada di masyarakat, yang mempunyai pengaruh negatif pada bisnis anda

Langkah-Langkah Menguji Ide Bisnis

1. Tuliskan semua kekuatan dan kelemahan yang ada di dalam bisnis anda, dan tuliskan peluang dan ancaman di luar bisnis anda.

2. Berikan penilaian pada kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, kemudian pilih dan tandai dengan * yang menurut anda penting.

3. Evaluasi bisnis anda

Jumlah * untuk kekuatan 

Jumlah * untuk kelemahan 

Apakah kekuatan yang lebih banyak dari kelemahan

Jumlah * untuk peluang 

Jumlah * untuk ancaman 

Apakah peluang yang lebih banyak dari ancaman

4. Putuskan apakah anda akan melanjutkan ide bisnis anda atau tidak dengan mempertimbangkan hasil evaluasi.

Saya akan: 

Melanjutkan ide bisnis dan membuat rencana bisnis yang lengkap 

Kembali dan membuat perubahan ide bisnis saya 

Menyerah total dengan bisnis ini

Semoga Penjelasan Tentang Apa Saja Pentingnya Ide Bisnis diatas dapat bermanfaat. Terima Kasih sudah meluakan waktu untuk berkunjung ke blog kami

Referensi : kemnaker.go.id