PCare BPJS Kesehatan Dan Cara Penggunaannya

Uraiantugas.com – Hallo Sahabat UT nah kali ini kami akan membahas tentang Apa Itu P-Care Bpjs Kesehatan dan Bagaimana Cara Mengunakannya..? PCare adalah suatu pelayanan informasi pasien dengan menggunakan internet dan berbasis komputer yang disediakan oleh BPJS Kesehatan diperuntukkan bagi para fasilitas kesehatan primer untuk memberikan kemudahan akses data ke server BPJS baik itu pendaftaran dan pelayanan medis. 

PCare BPJS Kesehatan Dan Cara Penggunaannya
bpjs-kesehatan.go.id

Jadi dapat dikatakan bahwa aplikas PCare BPJS Kesehatan ini akan membuat masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan layanan BPJS kesehatan. Didalamnya terdapat fitur untuk mengecek tagihan BPJS, pencarian faskes terdekat, dan lain sebagainya. Selain itu, alur pendaftaran pasien juga semakin praktis. Proses diagnosis dan pengobatan pasien juga lebih cepat, serta proses rujukan jadi lebih mudah.

Bagaimana Cara Daftar PCare BPJS Kesehatan

Yang bisa menggunakan aplikasi ini adalah masyarakat atau fasilitas kesehatan yang sudah terdaftar di BPJS Kesehatan.

Adapun jika Anda ingin mendaftarkan diri, pertama kali perlu mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat. Selanjutnya Anda akan diberikan username dan password untuk login ke aplikasi PCare ini.

Nah Setelah mendapatkan username dan password, berikut cara untuk menggunakan layanan PCare BPJS Kesehatan:

1. Buka website resmi PCare BPJS Kesehatan di https://pcarejkn.bpjs-kesehatan.go.id/eclaim/Login. di browser Anda bisa juga klik Disini. Atau Download aplikasi PCare di Play Store.

2. Login dengan memasukkan username dan password yang telah Anda dapatkan sebelumnya.

3. Setelah login, Anda akan dibawa ke halaman utama PCare BPJS Kesehatan yang berisikan indeks data diri pasien.

4. Di dalam aplikasi PCare ini, terdapat beberapa fitur yang bisa Anda gunakan. Seperti "Pendaftaran" dan "Pelayanan".

5. Pilih menu "Pendaftaran" jika Anda adalah pasien berobat. Caranya adalah dengan menginput nomor peserta BPJS Kesehatan Anda lalu klik "cari". Jika Anda adalah peserta BPJS dari instansi tempat kerja, maka identitas pasien akan muncul secara otomatis.

6. Selanjutnya silahkan lengkapi data yang kosong, seperti jenis kunjungan, keluhan, tekanan darah, dan lain sebagainya.

7. Selanjutnya klik "Simpan".

8. Berikutnya pada menu "Pelayanan" Anda dapat mengklik "Entri Data". Selanjutnya silahkan isi kolom kosong seperti terapi hingga diagnosis. Klik "Simpan".

9. Setelah selesai, Anda telah berhasil mendaftar layanan PCare BPJS Kesehatan.

Itulah Penjelasan tentang PCare BPJS Kesehatan Dan Cara Penggunaannya. semoga bermanfaat. terima kasih.