Tugas Dan Fungsi Manajer Kantor

Tugas Dan Fungsi Manajer Kantor. Deskripsi jabatan manajer kantor merupakan uraian tentang fungsi, tugas dan informasi lain berkenaan dengan jabatan manajer kantor.

Fungsi Manajer Kantor

Manajer kantor memiliki fungsi merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengontrol kegiatan kantor. 

Tugas Dan Fungsi Manajer Kantor

Tugas manager kantor

Melakukan penataan/pelayanan terhadap pekerjaan pokok yang meliputi kegiatan tata organisasi, tata manajemen, tata komunikasi, tata usaha (informasi), tata personalia, tata perbekalan, tata keuangan, dan tata relasi publik.

Manager kantor diawasi oleh pucuk pimpinan (Top Manager) dan mengawasi pegawai kantor serta melayani pihak internal dan eksternal organisasi secara internal, manager kantor memberikan pelayanan kepada sumua satuan/unit yang ada dalam suatu organisasi yaitu satuan pimpinan, satuan haluan, satuan konsultasi, satuan kontrol, satuan administrasi, secara eksternal, manajer kantor memberikan pelayanan bidang administrasi kepada masyarakat.

Dalam melaksanakan tugas manajer kantor menggunakan bahan alat tulis kantor, alat-alat dan mesin-mesin kantor.

Tantangan Manajer Kantor

Manajer kantor berperan bagi terselenggaranya pekerjaan kantor serta mampu menghadapi tantangan-tantangan selain efektivitas dan efisiensi.

Seorang manajer kantor dituntut untuk melakukan inovasi yakni membuat terobosan-terobosan baru sehingga kantor menjadi unit yang modern, sederhana dalam prosedur, berorientasi pada pihak yang dilayani, serta proaktif.

Kemampuan Manajer Kantor

  1. Executive ability (kemampuan pejabat pimpinan)
  2. A Practical background (latar belakang praktek)
  3. Managerial training (latihan manajerial)
  4. Ability to expres oneself (kemampuan mengungkapkan diri)
  5. An open attitude (Sikap Terbuka)
  6. Curiosity (Keingintahuan)
  7. Creativiness (Kreativitas)
  8. Sound judgement (pertimbangan sehat)
  9. Sales ability (kemampuan menjual gagasan)
  10. Patient (Kesabaran)
  11. Emotional Control (Pengendalian Emosi)
  12. Cooperativeness (kemampuan Kerjasama)

Kompetensi Manajer Kantor

Soft Competency
  1. Kemampuan Manajerial, Kemampuan mengelola kantor (managerial skill dan kepemimpinan), Hubungan antar manusia (komunikasi), Membangun interaksi dengan orang lain
  2. Keterampilan / Keahlian. Conceptual Skill, kemampuan untuk memahami kompleksitas unit kantor secara menyeluruh, Human Skill kemampuan berelasi dengan lingkaran guna mencapai kepemimpinan yang efektif, Technical Skill, kemampuan menggunakan pengetahuan, metode, teknik dan perlengkapan untuk penyelenggaraan kantor
  3. Kecerdasan (IQ). Memiliki logika berfikir yang diperlukan untuk manajer kantor untuk menemukan faktor obyektif dan akurat, memprediksi resiko, serta melihat konsekuensi dari setiap pilihan. Kecerdasan ini penting agar manajer kantor memiliki konsep dasar sehingga apa yang dilakukan mempunyai arah yang jelas.
Hard Competency (Kompetensi Operasional Penyelenggaraan Kantor)
Kemampuan melakukan administrasi/penataan/pelayanan terhadap pekerjaan pokok, Kemampuan menerapkan teknologi perkantoran, Kemampuan membuat sistem, prosedur dan metode perkantoran yang sederhana, Kemampuan mengevaluasi kinerja guna meningkatkan pelayanan, efektivitas dan efisiensi, Tanggap dan responsif terhadap perubahan

Kepribadian
Kepribadian dasar, jujur tanggungjawab, disiplin, loyal, bermoral. Kecerdasan emosi, memahami kebutuhan dan perasaan orang lain (EQ). Kecerdasan spiritual kesadaran sebagai mahluk tuhan sehingga mampu memilih tindakan yang baik (SQ).

Pengalaman
Pekerjaan yang pernah dilakukan yang berkaitan baik langsung atau tidak langsung dengan kegiatan manajerial pekerjaan yang bersifat administratif.

0 Response to "Tugas Dan Fungsi Manajer Kantor"