Tugas_tugas Para Nabi Dan Rasul

Tugas_tugas Para Nabi Dan Rasul. Nabi adalah hamba Allah yang terpilih, yang diberikan wahyu untuk dia amalkan, baik wahyu yang berupa syari’at baru maupun berupa syari’at nabi sebelumnya. rasul adalah hamba Allah yang terpilih yang diberikan wahyu dan diutus kepada kaum yang kafir, terkadang dengan syari’at baru -dan ini kebanyakannya dan terkadang dengan syari’at rasul sebelumnya. 

Tugas_tugas Para Nabi Dan Rasul


Para nabi dan rasul memiliki banyak tugas dan tanggung jawab yang penting, di antaranya:

Tugas dan pekerjaan nabi dan rasul yang paling besar dan utama adalah mengajak manusia menyembah Allah semata dan menghapuskan semua sembahan selain Allah. Allah Ta’ala berfirman yang artinya :
“Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan), “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut””. (QS. An-Nahl : 36).

Menyampaikan risalah ketuhanan kepada segenap jin dan manusia. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman yang artinya:
“Wahai Rasul, sampaikanlah apa yang di turunkan kepadamu dari Tuhanmu, dan jika kamu tidak kerjakan (apa yang diperintahkan itu, berarti) kamu tidak menyampaikan amanat-Nya. Allah memelihara kamu dari (gangguan) manusia”. (QS. Al-Ma`idah : 67)

Menjelaskan dan menerangkan sesuatu yang Allah turunkan berupa agama dan Al-Kitab. Allah Ta’ala berfirman yang artinya:
“Dan Kami turunkan kepadamu adz-dzikr (As-Sunnah), agar kamu menerangkan kepada manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka (berupa Al-Qur`an) dan supaya mereka mau berfikir”. (QS. An-Nahl : 44)

Menjadi contoh dan suri tauladan yang baik bagi para pengikut mereka. Allah Ta’ala menyatakan yang artinya:
“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat”. (QS. Al-Ahzab : 21)

Melaksanakan tazkiyatunnufus (pembersihan jiwa) para hamba, memperbaiki, dan menyucikannya. Allah Ta’ala berfirman yang artinya:
“Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah (As Sunnah)”. (QS. Al-Jumu’ah : 2)

Menerapkan hukum-hukum Allah berupa perintah dan larangan di tengah-tengah umat mereka. Allah Ta’ala berfirman yang artinya:
“Dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka. Dan berhati-hatilah kamu terhadap mereka, supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu”. (QS. Al-Ma`idah : 49)

Mereka adalah saksi terhadap umat-umat mereka pada Hari Kiamat. Allah Ta’ala berfirman yang artinya:
“(Dan ingatlah) akan hari (ketika) Kami, bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri, dan Kami datangkan kamu (Muhammad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia”. (QS. An-Nahl : 89)

0 Response to "Tugas_tugas Para Nabi Dan Rasul"