Fungsi Perpustakaan

UraianTugas.Com – Sebelumnya kami telah menjelaskan tentang Definisi serta Tugas Dari perpustakaan.. Nah Pada kesempatan kali ini kami menjelaskan tentang Fungsi Perpustakaan. Perpustakaan bagi perguruan tinggi atau Institut ataupun universitas adalah sarana penunjang yang sudah selayaknya diperhatikan dengan baik. Salah satu fungsi perpustakaan adalah mencerdaskan kehidupan masyarakat. Upaya-upaya pengelola perpustakaan agar masyarakat gemar membaca dan mau mengunjungi perpustakaan patut dihargai. Dengan semakin banyaknya pengguna/masyarakat yang mengunjungi dan memberdayakan perpustakaan, ini mengindikasikan bahwa perpustakaan dapat memenuhi peran dan fungsinya dengan baik. Fungsi perpustakaan dari masa ke masa mungkin saja mengalami perubahan dan perkembangan, namun pada dasarnya fungsi perpustakaan dapat dijabarkan sebagai berikut:

Fungsi Perpustakaan

Fungsi Edukatif.

Perpustakaan berfungsi sebagai tempat untuk belajar secara mandiri, di situ pengguna dapat mencari bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menambah ilmu dan wawasan. Siapa pun dapat belajar di perpustakaan dengan mengikuti tata cara dan prosedur yang berlaku di perpustakaan tersebut. Dengan fungsi edukatif ini, perpustakaan membantu pemerintah, dalam program gemar membaca dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan belajar sepanjang hayat.

Fungsi Informatif

Perpustakaan mempunyai fungsi informatif, artinya informasi yang dibutuhkan oleh pengguna dapat dicari di perpustakaan. Jenis informasi yang akan di dapat tergantung jenis perpustakaannya, apakah itu perpustakaan perguruan tinggi perpustakaan khusus dan perpustakaan sekolah (informasinya biasanya bersifat ilmiah dan semi ilmiah ada juga yang nonilmiah/populer) ataupun perpustakaan Nasional dan perpustakaan umum (informasinya lebih beragam, dari yang populer hingga yang bersifat ilmiah).

Fungsi Penelitian

Perpustakaan mempunyai fungsi penelitian, artinya, sumber-sumber informasi yang ada di dalam perpustakaan tersebut dapat digunakan sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian. Berbagai informasi dapat dijadikan dasar untuk proposal penelitian, penunjang penelitian (tinjauan pustaka) yang hasilnya dapat diambil menjadi bahan pertimbangan untuk menarik kesimpulan dan saran dari suatu penelitian. Umumnya fungsi ini terdapat pada perpustakaan perguruan tinggi baiknegeri maupun swasta dan perpustakaan khusus.

Fungsi Kultural

Perpustakaan mempunyai fungsi kultural artinya perpustakaan memiliki dan menyediakan bahan pustaka baik tercetak maupun elektronik yang menyajikan kebudayaan daerah, kebudayaan suatu bangsa ataupun kebudayaan antar bangsa. Di perpustakaan juga tersimpan koleksi hasil karya budaya manusia dari masa ke masa, yang dapat dijadikan rujukan untuk mempelajari sejarah peradaban manusia.

Fungsi Rekreasi

Perpustakaan mempunyai fungsi rekreasi artinya, pengguna dapat mencari koleksi yang bersifat populer dan menghibur. Di samping itu, pengguna dapat menggunakan media audio visual (TV, Video CD) serta koran yang disediakan di perpustakaan tersebut. Untuk beberapa perpustakaan, ada yang menyediakan taman dan mendekorasi ruang perpustakaan menjadi tempat yang nyaman bahkan ada yang dilengkapi dengan toko buku, warung internet, serta swalayan mini (mini market).

Dengan adanya fungsi perpustakaan yang beragam tersebut, diharapkan para pengguna akan tertarik sehingga sebanyak dan sesering mungkin datang ke perpustakaan. Perpustakaan harus mampu menjembatani kepentingan berbagai pihak. Para pustakawan dan pengelola perpustakaan seyogyanya menyediakan fasilitas dan koleksi bahan pustaka yang memadai dan relevan bagi penggunanya. Di samping itu, kemudahan dalam mengakses informasi juga harus diperhatikan dengan baik, agar pengguna tidak jemu dan kesal karena sulit mendapatkan informasi atau bahan pustaka yang dibutuhkan. Fungsi-fungsi perpustakaan mungkin saja akan mengalami perubahan yang mengarah kepada perkembangan dan kemajuan, baik ditinjau dari pengelolaan informasi hingga pemanfaatan teknologi informasi. Dengan SDM yang baik, yang mempunyai dedikasi tinggi terhadap perkembangan perpustakaan, ditunjang jugadengan dana, sarana prasarana yang memadai, dapat dipastikan peran dan fungsi perpustakaan dapat disejajarkan dengan perpustakaan di negara-negara maju. Dengan begitu penghargaan pemerintah dan masyarakat juga akan semakin tinggi, selain itu manfaat perpustakaan dapat dinikmati dan dirasakan oleh segenap berbagai lapisan masyarakat di Indonesia.

Pada dasarnya, tugas dan fungsi perpustakaan dapat berjalan dengan baik, selaras dan harmonis jika ada perhatian yang besar dari pemerintah dan atau institusi/badan korporasi tempat perpustakaan itu berada. Sudah selayaknya ada UU atau peraturan pemerintah yang menyoroti khusus permasalahan perpustakaan. Harus ada UU yang mengatur kepentingan pengembangan perpustakaan. Hal ini harus dipertimbangkan mengingat perpustakaan adalah gudang ilmu dan sumber informasi. Jika tugas dan fungsinya berjalan dengan baik, dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat penggunanya, dapat dipastikan kemajuan bangsa akan segera tercapai.

Bangsa yang maju adalah bangsa yang gemar membaca. Perhatian pemerintah dan masyarakat di negara-negara maju terhadap perpustakaan sedemikian besarnya sehingga tugas dan fungsi yang diemban perpustakaan dalam melayani masyarakat dapat berjalan dengan baik. Sebenarnya usaha-usaha untuk meningkatkan peran dan fungsi perpustakaan sudah ada, juga untuk kemajuan pustakawannya. Sering digelar acara-acara seminar, lokakarya, workshop, pelatihan dan magang di bidang perpustakaan. Namun, tindak lanjut dari semua program itu, sering kali terbentur oleh pendanaan yang tidak memadai, peraturan dan birokrasi yang kurang mendukung sehingga kemajuan dan perkembangan perpustakaan agak tersendat-sendat. Sudah selayaknya dan sudah waktunya pemerintah Indonesia memberikan perhatian yang serius kepada perpustakaan, pustakawan dan segenap aspek yang berkaitan dengan perpustakaan. Pendidikan sangat erat kaitannya dengan perpustakaan, jika perpustakaan mendapat perhatian yang serius dari pemerintah mulai dari segi pendanaan hingga peraturan yang mendukungnya, dapat dipastikan masyarakat Indonesia akan semakin cerdas. Dengan masyarakat yang cerdas dan mumpuni, dapat dipastikan kemajuan bangsa ini akan dapat tercapai.

Sumber
Pengertian Perpustakaan dan Dasar-dasar Manajemen Perpustakaan oleh Ir. Abdul Rahman Saleh, Dip.Lib., M.Sc. Ir. Rita Komalasar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel