Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian SPA dan Fungsi Serta Tujuannya

UraianTugas.Com – Pada umumnya di Indonesia, Spa tampil berbeda karena berada di alam terbuka dan menggunakan massage (pijitan) dalam perawatannya. Keindahan alam dan kenyamanan udara tropis menjadi daya tarik utama bagi para turis mancanegara. Merasakan pijitan (massage) sambil menikmati pemandangan dari atas bukit ke pantai atau ke gunung dan pedesaan menjadi ciri khas spa di Bali dan di Indonesia. Dengan mengandalkan nuansa alam tropis yang natural dan tampilan konsep interior yang tradisional maka Bali mempunyai keunikan tersendiri dalam bisnis Spa (Anastasia, 2009, hal. 29).

Sedangkan Spa di Indonesia mengangkat kultur perawatan tubuh dengan tradisi Jawa yang kental dan kaya akan teknik-teknik pijatan dan bahan baku perawatan tubuh dari berbagai tumbuhan untuk dijadikan sebagai produk spa yang berciri khas Indonesia (Anastasia, 2009, hal. 32).

Pengertian SPA

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 1205/Menkes/X/2004 tentang pedoman persyaratan kesehatan pelayanan SPA, pengertian Spa sendiri adalah suatu upaya kesehatan tradisional dengan melakukan perawatan holistik yang tidak hanya memperhatikan kecantikan raga atau tubuh, tetapi juga memperhatikan kecantikan jiwa atau pikiran untuk mencapai keseimbangan tubuh secara menyeluruh dengan berbagai pelayanan profesional yang menawarkan berbagai treatment untuk memenuhi kesehatan jiwa dan juga raga.

Sementara arti sebenarnya dari kata SPA itu sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa latin, yaitu Salus Per Aquam yang memiliki arti Sehat Melalui Air atau perawatan dengan menggunakan air sebagai medianya. Penggunaan air dipercaya mampu memberikan penyegaran bagi tubuh yang letih sehingga dapat membawa kesembuhan dan keseimbangan tubuh kembali. Maka dari itu banyak sekali perawatan-perawatan spa yang menggunakan air seperti mandi dengan gelombang air (hydrotheraphy), terapi air panas (thermotheraphy), terapi mandi semprot dengan shower yang di desain khusus, mandi bunga dan mandi dengan rempah-rempah atau herbal yang memiliki fungsi untuk relaksasi tubuh dan pikiran. (Jumarani, L. 2009. The Essence of Indonesian Spa.).

Secara lebih rinci SPA didefinisikan sebagai suatu cara penatalaksanaan kesehatan dengan mempergunakan air dalam berbagai bentuk untuk mengobati suatu penyakit atau untuk mempertahankan kesehatan individu. (Menelusuri Asal Usul Spa, 2012, www.conectique.com, 11 Maret 2012).

Fungsi Spa

Fungsi dari Spa sendiri adalah sebagai tempat yang menyediakan pelayanan untuk upaya menjaga kesehatan, kecantikan dari dalam dan luar, kesegaran dan relaksasi yang dapat menyeimbangkan tubuh, pikiran dan jiwa (mind, body & spirit) baik dengan sumber mineral, pemijatan, aromaterapi dan herbal yang dapat membantu tercapainya fungsi dari Spa.

Spa juga berfungsi sebagai media membuang racun dari dalam tubuh biasa dikenal dengan detoxifying spa. Perawatan spa ini dapat membantu efektivitas pembuangan racun melalui kulit. Penumpukan racun dalam tubuh dapat mempengaruhi kebugaran tubuh seseorang. Setelah menjalani perawatan spa orang tersebut diharapkan dapat mendaptkan kembali kebugaran tubuhnya .

Tujuan Spa

  1. Meningkatkan kesehatan secara tradisional dan alami, tanpa ada unsur kimia.
  2. Tidak hanya kecantikan di luar, kecantikan dari dalam pun dapat diperoleh dengan Spa karena kondisi jiwa dan raga yang telah seimbang.
  3. Sebagai tempat relaksasi untuk melepas penat dan stres.
  4. Melestarikan warisan budaya bangsa dengan praktek cara perawatan tradisional.

Dikutip dari berbagai sumber