Beralih Ke TV DIGITAL, Ini Cara memilih STB yang baik & Sesuai

Uraiantugas.com – Hallo Sahabat UT. Dengan adanya informasi yang mengatakan bahwa akan adanya peralihan Dari TV Analog ke TV Digital maka kali ini kami akan membahas tentang Cara Memilih Set Top Box (STB) Yang Baik dan Sesuai. 

Baca Juga : Cara Daftar bantuan Set Top Box (STB) TV DIGITAL GRATIS dari pemerintah

Beralih Ke TV DIGITAL, Ini Cara memilih STB yang baik & Sesuai

Nah Pertanyaannya bagaimana jika masyarakat yang memiliki TV analog dan ingin menikmati siaran digital, dikutip dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menganjurkan agar membeli STB yang bersertifikat Kominfo. Hal ini dilakukan berdasarkan Undang-Undang No 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Masyarakat yang TV-nya tidak bisa langsung menerima siaran TV digital dapat menggunakan alat tambahan, yakni Set Top Box (STB). Set Top Box bisa dibeli masyarakat di pasaran, baik di toko offline maupun online. Set top box dibutuhkan agar masyarakat bisa menangkap siaran TV digital.

Tips Cara memilih STB yang baik & Sesuai 

Hal yang harus anda lakukan adalah dengan cara melihat adanya sertifikasi Kominfo, Sebab Sertifikasi Kominfo adalah bentuk jaminan bahwa STB pasti bisa dan baik untuk digunakan. 

Menurut Direktur Penyiaran, Direktorat Jenderal PPI, Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia memilih STB sebaiknya yang ada tulisan DVB-T2. "Di kemasannya itu atau cari saja yang ada tulisan ‘Siap Digital’. Kalau sekarang ada juga tambahan gambar MODI. Bila ada tulisan itu sudah pasti aman," ungkap dia. 

Berikut adalah merek STB yang bersertifikat Kominfo: 

  1. Tanaka (T2) 
  2. Nexmedia (NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD) 
  3. Ichiko (8000HD) 
  4. Venus (Brio) 
  5. Matrix (Apple) 
  6. Akari (ADS-2230, ADS-168 dan ADS-210) 
  7. Evercoss (STB1) 
  8. NEXTRON TR 1000 
  9. NEXTRON NT2000-D 
  10. Polytron (PDV 600T2) 
  11. EVINIX