Pengaruh Internet Marketing

Uraiantugas.com - Perkembangan dunia bisnis dan semakin kuatnya persaingan, membuat perusahaan merasa terbebani dalam menjalankan bisnis mereka. Hal tersebut membuat para pembisnis mengeluarkan strategi pemasaran yang efektif untuk mendapatkan laba dan mempertahankannya. Salah satu strategi pemasaran yang terbukti ampuh bagi semua perusahaan tanpa mengeluarkan biaya besar, dan juga memilik dampak positif bagi perusahaan adalah Internet Marketing.

Pengaruh Internet Marketing

Bedasarkan pendapat Mohammed et.al (2003, p96-p97) pengaruh internet marketing terhadap strategi pemasaran perusahaan ada 4 cara yakni:

  1. Peningkatan segmentasi Dengan adanya internet segmentasi pasar semakin luas, karena jangkauan pemasaran semakin luas. Internet tidak membatasi luasnya jangkauan pemasaran karena seluruh konsumen di seluruh dunia dapat mengaksesnya dengan mudah.
  2. Mengembangkan strategi lebih cepat dalam cycle time Dengan adanya alur perputaran waktu yang lebih cepat dan mudah maka strategi pemasaran dapat dengan lebih cepat pula dikembangkan.
  3. Peningkatan pertanggung jawaban dari usaha pemasaran Informasi yang dapat diperoleh dengan cepat dan mudah dapat meningkatkan strategi perusahaan untuk dapat lebih meningkat. Sehingga pemasaran dapat dilakukan dengan lebih transparan.
  4. Peningkatan integrasi strategi pemasaran dengan strategi operasional bisnis. Adanya integrasi antara strategi pemasaran perusahaan dan strategi pemasaran melalui internet akan meningkatkan strategi bisnis dan strategi operasional.

Pengaruh Internet Marketing terhadap pembentukan Brand awareness

Penggunaan Situs jejaring social sebagai alat pemasaran internet perusahaan untuk menjaring masyarakat di dalam dunia maya banyak digunakan perusahaan. Situs jejaring social digunakan karena memiliki konektivitas yang luar biasa antar pelanggan dan komunitas yang sudah terbentuk didalamnya. Perusahaan-perusahaan besar maupun kecil saat menggunakan situs jejaring social sebagai media promosi untuk membangun brand awareness.

Hampir setiap tahun pengguna situs jejaring social dunia aktif terus bertambah. Bayangkan jika sebuah merek diperkenalkan dan diperbarui secara terus-menerus melalui situs jejaring social ini yang rata-rata minimal 1 minggu sekali di “update”, dampaknya akan sangat besar bagi perusahaan karena tingkat kesadaran merek konsumen akan terus bertambah sehingga memungkinkan sebuah merek untuk menjadi Top of mind dari jutaan pengguna situs jejaring social tersebut.

Semakin sebuah produk dikenal dan diingat oleh seseorang (Top of mind) maka semakin besar kemungkinannya untuk dipilih dan dibeli oleh konsumen. Brand awareness sangat berkaitan erat dengan frekuensi sebuah iklan diterima dan diolah oleh seorang konsumen. Semakin sering maka akan semakin sadar merek (demikian sebaliknya). 

Maka dapat disimpulkan bahwa “Semakin baik internet marketing dikelola oleh perusahaan, maka akan semakin tinggi tingkat kesadaran merek yang dibentuk didalam benak seorang konsumen”.

Pengertian Lengkap Internet Marketing

Internet marketing menciptakan perubahan prilaku yang mendasar dalam bisnis dan konsumen serupa dengan yang terkait dengan pengenalan mobil dan telepon yang mengurangi kebutuhan untuk pendekatan channel. e-marketing menggunakan internet sebagai..Selengkapnya

Apa Manfaat internet marketing?

Pemasaran online memberikan manfaat pada konsumen maupun marketer. Manfaat tersebut memberikan keuntungan bagi konsumen dan marketer (Kotler & Armstrong, Principles of Marketing, 2010, p. 516)... Selengkapnya

Tahapan dalam membuat sebuah internet marketing

Keuntungan yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan internet marketing ini bagi perusahaan yaitu mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing, target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan. transaksi binis secara elektronik dan dengan biaya yang rendah, email dan data files dapat dipindahkan kepada....Selengkapnya