Tahapan dalam membuat sebuah internet marketing

Uraiantugas.com - Keuntungan yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan internet marketing ini bagi perusahaan yaitu mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing, target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan. transaksi binis secara elektronik dan dengan biaya yang rendah, email dan data files dapat dipindahkan kepada konsumen yang terpilih atau semua konsumen dalam hitungan detik, jalur proses penjualan langsung dari produsen ke pengguna tanpa harus melewati jalur distribusi klasik, dapat menambahkan produk untuk dipasarkan secara cepat dan melakukan perubahan dalam rencana penjualan dengan sangat cepat, dapat melacak kegiatan penjualan yang sudah terjadi, langkah-langkahnya dan hasil yang didapat, dapat mengawasi pesaing, menciptakan dialog antara perusahaan dengan konsumen, dapat mendistribusikan program dan informasi tentang produk melalui email atau file transfer.

Tahapan dalam membuat sebuah internet marketing

Internet marketing lebih menekankan pada konsep pull medium daripada push medium. Bentuk pemasaran ini pada dasarnya merupakan situs publik yang sangat besar dijaringan komputer dengan berbagai tipe yang berbeda dan berasal dari berbagai negara di seluruh dunia satu sama lainnya ke dalam suatu wadah informasi yang sangat besar

Berikut adalah Beberapa Tahap Membuat Internet marketing

1. Framing the Market Opportunity ( Membentuk Peluang Pasar) 

Tahap pertama dalam internet marketing membentuk peluang pasar dan mengumpulkan data dari sistem online maupun offline untuk menciptakan penilaian peluang. Pada tahap ini terdapat 6 bagian dari suatu metodologi sederhana untuk mengevaluasi dan membentuk peluang pasar, antara lain :

  • Mengidentifikasi Peluang dalam Value System Baru atau yang ada. langkah pertama dari membentuk peluang bisnis adalah secara luas mengidentifikasi tempat dimana perusahaan baru akan ikut serta. Tujuannya adalah untuk mendeklarasi apa yang ada di dalam dan di luar pertimbangan model bisnis
  • Mengidentifikasi Kebutuhan yang Tidak Terpenuhi. menciptakan nilai baru didasarkan pada pemenuhan kebutuhan konsumen yang lebih baik. Pelanggan dapat saja berpindah ke produk atau jasa perusahaan lain apabila perusahaan tidak mampu memenuhi kebutuhan dan mengkomunikasikan valuenya secara efektif kepada pelanggan.
  • Mengidentifikasi Target Segmentasi. Perusahaan harus mengetahui konsumen yang atraktif yang akan dikejar, pengalaman yang dibutuhkan oleh konsumen, memberikan penawaran yang menarik untuk pelanggan, mengetahui batasan-batasan yang harus dilewati perusahaan untuk bisa mengajak konsumen ikut serta dalam penawaran.
  • Mengenalkan Peluang berdasarkan Sumberdaya perusahaan untuk Keuntungan. Sistem sumber daya (resource system) adalah sekumpulan aktivitas– aktivitas individu dan organisasi serta asset yang terpisah, yang jika disatukan bersama akan menciptakan kapabilitas bagi organisasi. Kapabilitas ini memungkinkan perusahaan untuk melayani kebutuhan–kebutuhan pelanggan.
  • Menilai Daya Tarik Peluang Kompetitif, Teknologi dan Keuangan. Terdapat beberapa faktor yang dapat digunakan untuk menentukan ciri dan skala peluang seperti, Intensitas Persaingan, Dinamika Pelanggan, Kerentanan Teknologi, Mikro ekonomi.
  • Membuat Penilaian ”Go/No Go”. Tahap ini menentukan apakah perusahaan akan mengambil keputusan. Go atau No-Go dari hasil analisis ke dalam tahap implementasi, dengan membuat aplikasi emarketing, maupun tidak perlu dilanjutkan karena kurang memenuhi persyaratan atau tolak ukur dari analisis terhadap beberapa faktor. 

2. Formulating the Marketing Strategy (Memformulasikan strategi pemasaran)

Strategi pemasaran meliputi segmentasi (segmentation), penentuan sasaran (targeting) dan penentuan posisi (positioning). Strategi ini kemudian di dukung oleh program pemasaran yang melibatkan putusan yang terkait dengan marketing-mix yang meliputi harga (price), produk (product), promosi (promotion) dan distribusi (distribution).

3. Designing the Customer Experience (Mendesain pengalaman pelanggan)

Pengalaman pelanggan (customer experience) merupakan persepsi dan interpretasi yang ditargetkan terhadap konsumen pada semua rancangan yang dialami ketika berinteraksi dengan perusahaan. Perusahaan harus memahami jenis pengalaman pelanggan yang perlu dihasilkan untuk memenuhi peluang pasar. Pengalaman tersebut harus berkorelasi dengan strategi pemasaran dan positioning perusahaan. Pengalaman pelanggan (customer experience) biasa didefinisikan sebagai interpretasi dari pertemuan lengkap pemakai situs, dari pandangan awal pada homepage sampai pengalaman pembelian, meliputi keputusan seperti apakah akan membuat sebuah shopping cart.

4. Crafting the Customer Interface (Merancang interface bagi pelanggan)

interface merupakan representasi virtual dari pemilihan nilai proposisi suatu perusahaan. Internet telah mengubah tempat pertukaran dari marketplace (seperti interaksi face-to-face) menjadi marketspace (seperti interaksi screen-to-face). Perbedaan utama sifat hubungan pertukaran sekarang ditengahi oleh interface teknologi. Dengan perpindahan dari hubungan antarmuka people–mediated menjadi technology–mediated, terdapat sejumlah pertimbangan perancangan interface yang dihadapi.

5. Designing the Marketing Program (Merancang program pemasaran)

Setelah melalui tahap satu sampai tahap empat, perusahaan seharusnya telah mempunyai arah strategi yang jelas. Perusahaan telah memutuskannya berdasarkan berdasarkan pada segmen pasar dan posisi yang spesifik. Pada tahap ke-5 ini akan mendesain serangkaian tindakan pemasaran untuk memindahkan target pelanggan dari kewaspadaan (awareness) menjadi suatu komitmen.

6. Leveraging Customer Information Through Technology (Memperluas informasi pelanggan melalui teknologi)

Dalam lingkungan yang terfokus pada pelanggan, perusahaan harus dapat bertindak berdasarkan 3 keputusan kunci berikut ini :

  • Memilih target pasar dengan strategis (Market Research). 
  • Mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan dan strategi peralatan yang akan digunakan dalam mendapatkan pelanggan yang ditargetkan (Database). 
  • Menilai keuntungan jangka panjang dari pelanggan dan mempertahankan pelanggan inti (Customer Relationship Management)

7. Evaluating the Marketing Program (Mengevaluasi program pemasaran)

Pada tahap ini dilakukan evaluasi terhadap keseluruhan program pemasaran untuk mengetahui apakan suatu program pemasaran sudah mencapai sasaran. Untuk menentukan hasil pemasarannya, perusahaan dapat menggunakan parameter metriks untuk mengukur kesuksesan dari program internet marketing tersebut cocok dengan objektif dari perusahaan.

Pengertian Lengkap Internet Marketing

Internet marketing menciptakan perubahan prilaku yang mendasar dalam bisnis dan konsumen serupa dengan yang terkait dengan pengenalan mobil dan telepon yang mengurangi kebutuhan untuk pendekatan channel. e-marketing menggunakan internet sebagai..Selengkapnya

Apa Manfaat internet marketing?

Pemasaran online memberikan manfaat pada konsumen maupun marketer. Manfaat tersebut memberikan keuntungan bagi konsumen dan marketer (Kotler & Armstrong, Principles of Marketing, 2010, p. 516)... Selengkapnya

Pengaruh Internet Marketing

Perkembangan dunia bisnis dan semakin kuatnya persaingan, membuat perusahaan merasa terbebani dalam menjalankan bisnis mereka. Hal tersebut membuat para pembisnis mengeluarkan strategi pemasaran yang efektif untuk mendapatkan laba dan mempertahankannya. Salah satu:...Selengkapnya