Menu Takjil Terlaris Dibulan Ramadhan

Uraiantugas.com - Hallo Sahabat UT, Nah kali ini kami akan membahas Tentang Apa Saja Menu Takjil Terlaris Dibulan Ramadhan yang patut anda coba...?

Takjil identik dengan makanan yang disajikan dan disantap saat buka puasa. Takjil merupakan istilah untuk hidangan yang biasa disantap ketika buka puasa. menu takjil buka puasa sangat bervariatif dan masing-masing daerah biasanya memiliki menu takjil khasnya sendiri. 

Menu takjil untuk buka puasa biasanya selalu identik dengan makanan manis dan menyegarkan. Hal ini menjadikannya sangat khas dan diburu oleh banyak orang. Bahkan, seiring berjalannya waktu kebiasaan tersebut kini sudah menjadi sebuah tradisi tersendiri. Apa sajakah menu minuman takjil yang terlaris dibulan ramadhan. berikut adalah penjelasannya.

Es Pisang Ijo

Pisang Ijo

Pisang dibalut adonan yang enak dinikmati dingin sebagai sajian selingan. Es pisang ijo merupakan salah satu camilan atau jajanan khas Makassar yang populer hingga ke berbagai kota Indonesia. Sesuai dengan namanya, jajanan ini berupa es yang terdiri dari pisang dibalut adonan hijau. Dipotong dan disajikan dengan bubur sumsum, kuah santan dan sirop merah serta es.

Apakah Anda tertarik Mencobanya silahkan Baca : Resep Es Pisang Ijo Terlezat Dan Nikmat

Es Campur

Es Campur

Banyak varian minuman es nusantara. Salah satu menu es yang sangat menggiurkan tak lain adalah es campur. Minuman yang satu ini menawarkan sensasi dingin dan manis begitu menggoda. Es campur juga kerap jadi andalan untuk berbuka puasa. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya sangat mudah dan praktis. Cukup sediakan perpaduan buah-buahan dan toping lain seperti tape, cincau, atau kolang-kaling. Agar lebih nikmat, jangan lupa tuangkan susu kental manis sesuai selera.

Es Kelapa Muda

Es Kelapa Muda

Es kelapa merupakan salah satu es yang akrab untuk masyarakat Indonesia yang hidup di daerah tropis. Biasanya saat Ramadhan para pedagang menjajakan es kelapa di pinggir jalan raya. Di bulan puasa ini, es kelapa juga menjadi salah satu minuman favorit untuk takjil buka puasa. Daging kelapa muda yang dipadukan dengan es batu, sirup, dan ragam pemanis lainnya memang bisa jadi minuman yang sungguh menyegarkan. Ada es kelapa muda yang dipadukan dengan es krim, ada juga yang dipadukan dengan kacang merah. 

Kolak pisang

Kolak Pisang

Kolak sendiri merupakan makanan asal Indonesia berbahan dasar pisang dan aneka bahan tambahan lainnya seperti labu, kolang-kaling atau ubi jalar. Kolak dimasak dengan cara direbus dengan santan dan gula aren. Pada umumnya, kolak akan banyak ditemui di bulan Ramadhan Untuk itulah, kolak bisa menjadi pilihan takjil pada saat Ramadhan.

Sop Buah

Sop Buah

Sop buah merupakan jajanan yang kerap hadir di bulan Ramadan sebagai menu berbuka puasa. Rasanya yang manis dan segar akan membuat rasa haus selama puasa menghilang setelah berbuka. Selain itu, sop buah juga sehat karena diolah dengan berbagai macam buah-buahan. Sop buah biasanya dijual di pasaran dengan harga relatif murah. Terlebih lagi, porsinya juga banyak sehingga bisa dinikmati bersama keluarga dan kerabat.

Sop buah diolah dari potongan berbagai macam buah. Biasanya buah yang digunakan adalah naga, nangka, melon, dan masih banyak lagi. Untuk kuahnya pun dapat diolah dengan berbagai cara, ada yang menggunakan susu kental manis dan ada pula menggunakan santan.

Es Kopyor

Es Kopyor

Es kopyor adalah minuman yang disajikan dingin dengan isian daging kelapa kopyor dan campuran sirup serta susu kental manis. Kelapa kopyor merupakan bentuk tak normal dari buah kelapa, yang memiliki daging buah lebih lunak serta cita rasa khas yang lebih manis dan gurih. Jika buah kelapa ini dibelah, maka akan terlihat daging buahnya yang terlepas dan mengumpul jadi satu di tengah. Berbeda dengan daging buah kelapa umumnya yang melekat kuat di tempurung atau bathok kelapanya. tidak semua buah kelapa adalah kelapa kopyor maka harganya pun jadi lebih mahal. Oleh sebab itu, es kopyor biasanya telah dimodifikasi menggunakan ‘kopyor sintetis’, yang dibuat dari campuran agar-agar dan santan,

Es Dawet

Es Dawet

Es dawet bisa menjadi minuman manis yang tak hanya menghilangkan dahaga, juga akan menyegarkan badan dan menambah energi tubuh setelah lelah beraktivitas. Hebatnya lagi, minuman ini pernah dinobatkannya sebagai salah satu kuliner terbaik. 

Dawet biasanya disajikan dengan tambahan es, terbuat dari bahan utama yakni tepung beras. Jika anda penasaran dari mana datang rasa manisnya, ini ternyata berasal dari gula merah cair yang dipadukan dengan kuah santan. Alhasil, es dawet yang kamu rasakan tak hanya akan memiliki rasa yang manis, tetapi juga gurih.

Es Jelly

Es Jelly

Jelly merupakan makanan yang mirip dengan puding ini paling enak kalau sudah dibuat menjadi es. Selain rasanya enak, membuat es jelly juga terbilang gampang dan tak memakan banyak waktu. Bahan-bahan yang digunakan pun bisa dengan mudah kamu temui di pasaran atau warung terdekat di daerah tempat tinggalmu.

Makan jelly bisa melegakan tenggorokan sekaligus mengobati dahaga di kala berpuasa. Tak perlu khawatir akan kesulitan dalam membuat es jelly berbagai varian karena resepnya sangat mudah untuk kamu ikuti di rumah. anda juga bisa membuat es jelly dalam jumlah banyak untuk dinikmati satu keluarga. Tentu saja biayanya akan lebih hemat jika dibanding membelinya di luar. 

Es Cincau

Es Cincau

Cincau merupakan bahan minuman yang terbuat dari bahan alami. Selain bertekstur kenyal dan lembut menyerupai jelly, cincau juga menyehatkan. Umumnya di pasaran kita dapat menjumpai dua jenis cincau, yakni cincau hijau dan cincau hitam. Cincau hijau berasal dari tanaman Mesona procumbens. Sedangkan, cincau hitam berasal dari Mesona palustris BL. Namun, meski keduanya berasal dari tanaman berbeda, keduanya tetap sama-sama memberikan manfaat baik bagi kesehatan.

Biasanya es cincau menjadi minuman favorit dan disukai banyak kalangan. Ya, minuman ini mampu meredakan dahaga saat buka puasa. Cincau kerap disajikan dan dicampur dengan santan serta gula merah, sehingga membuat minuman ini begitu segar. Selain itu kamu pun dapat berkreasi dengan cincau untuk menghasilkan minuman yang nikmat untuk keluarga.

Es Bubur Kacang Hijau

Es Bubur Kacang Ijo

Memang banyak sekali aneka kreasi dan variasi resep olahan es bubur kacang ijo, misalnya ada es bubur kacang ijo khas Madura, khas Potianak, khas Jawa, dll. Bahan-bahan yang digunakan yaitu bubur kacang hijau, susu kental manis (SKM), buah melon yang diserut, es batu atau es serut bisa juga disebut dengan es kacang hijau melon. 

Es kacang hijau kental atau es bubur kacang ijo sungguh nikmat disantap pada Saat berbuka puasa wow segar sekali dapat menghilangkan haus dan lapar seketika dan sangat baik disantap sebagai menu takjil pada puasa Ramadan. 

Cappucino Cincau

Cappucino Cincau

Minuman ini merupakan campuran es cappucino dengan serutan cincau dan banyak dijual di pinggir jalan. Es cappucino cincau mulai populer di Indonesia. Banyak orang mulai mencoba resep es cappucino cincau dengan berbagai kreasi.

Resep es cappucino cincau juga terbilang sangat mudah untuk dicoba di rumah. Bahan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan di pasar. hanya perlu menyiapkan bubuk cappucino, gula pasir, dan tentu saja cincau. Ada dua bahan utama untuk mencoba resep es Cappucino Cincau, yaitu bubuk cappucino instan dan cincau. Asalkan sudah ada dua bahan ini, anda sudah bisa mencoba menyajikannya

Salad Buah

Salad Buah

Salad buah adalah salah satu makanan sehat karena terdiri dari kombinasi buah-buahan. Agar semakin lezat, biasanya salad buah ditambahkan juga dengan yogurt, mayonaise, dan keju. Salad buah akan tambah nikmat lagi jika disajikan dingin.

Buah yang menjadi favorit untuk ditambahkan pada salad biasanya ada buah apel, anggur, naga, pir, stroberi, dan masih banyak lagi. Kamu pun bisa dengan bebas memilih buah apa saja yang akan ditambahkan pada salad. Semuanya kembali ke selera masing-masing.

Selain jadi kudapan yang nikmat, salad buah juga bisa jadi ide jualan lho. Pasalnya, membuat salad buah lengkap dengan sausnya yang bercita rasa asam dan manis nggak sulit kok. Lumayan banget kan, bisa menambah pundi-pundi rupiah.