Definisi Team Leader & Indikator Serta Faktor yang mempengaruhinya

Uraiantugas.Com - Apa itu Team Leader. ? Tim adalah kelompok didalam organisasi yang anggota-anggotanya saling bergantung satu sama lain, saling berbagi tujuan bersama, dan dicirikan oleh adanya satu orang yang mengkoordinasikan kegiatan bersama mereka. Memotivasi anggota tim adalah tantangan dengan parameter yang terus berubah. Sebagai Team Leader, strategi yang digunakan untuk mempertahankan produktivitas dan menjaga agar karyawan tetap fokus di dalam pekerjaanya merupakan suatu tantangan yang berat. Untuk itu diperlukan suatu kerjasama team didalam sebuah pekerjaan antara leader dan team nya

Di dalam tim, fungsi utama kepemimpinan adalah berupaya mencapai tujuan organisasi (tim) secara kolektif, bukan individual. Tim umumnya memilik seorang pemimpin yang telah ditentukan. Pemimpin tersebut dapat berasal dari dalam tim itu sendiri maupun dari luar.

Pengertian Team Leader

Istilah team leader berasal dari kata team dan leader , team yaitu tim atau sekelompok anggota sedangkan leader yaitu seorang pemimpin yang mempunyai tugas untuk me-LEAD anggota disekitarnya. Sedangkan makna LEAD adalah : Loyality yaitu seorang pemimpin harus mampu membangkitkan loyalitas rekan kerjanya dan memberikan loyalitasnya dalam kebaikan. Educate yaitu seorang pemimpin mampu untuk mengedukasi rekan-rekannya dan mewariskan knowledge pada rekan-rekannya. Adviceyaitu memberikan saran dan nasehat dari permasalahan yang ada. Dan Disciplineyaitu memberikan keteladanan dalam berdisiplin dan menegakkan kedisiplinan dalam setiap aktivitasnya.

Menurut Vondey (2010), Team leader merupakan seorang pemimpin yang sangat peduli atas pertumbuhan dan dinamika kehidupan pengikut, dirinya serta komunitasnya, karena itu ia mendahulukan hal-hal tersebut daripada pencapaian ambisi pribadi (personal ambitious) dan kesukaannya semata.

Menurut Nurrohin (2010), Team leaderadalah orang yang terbaik, cerdas, respek, memiliki kredibilitas terhadap organisasi, memiliki perhatian besar terhadap kelompok atau individu lain ataupun isu, sensitif terhadap dinamika kelompok, tidak formal dan tidak santai, memiliki semangat besar, mampu berkolaborasi dengan yang lain

Peran kepemimpinan didalam tim dapat saja dirotasi sehingga mungkin saja diisi oleh para anggota lain antarwaktu. Peran kepemimpinan di dalam tim juga bisa disebar di antara sejumlah anggota tim tanpa harus ditentukan seorang pemimpin secara formal. Kepemimpinan yang tersebar tersebut umum ditemukan dalam kepemimpinan tim. Posisi kepemimpinan dalam tim tidak lagi bercorak satu pemimpin formal selaku pemegang tanggung jawab utama melainkan jatuh ke tangan beberapa orang yang berpengalaman di dalam tim.

Indikator Team Leader

  1. Keahlian komunikasi yang efektif juga membuat anggota tim mudah mendengar masukan dari pemimpinnya. Team leader yang efektif adalah dapat berkomunikasi dengan jelas. Kualitas keahlian tulisan dan lisan membuat team leader mampu memberikan harapannya kepada anggota tim yang mudah dipahami.
  2. Percaya diri merupakan suatu sifat inisiatif, kreatif, dan optimis. Pemimpin yang percaya diri akan mengamankan keputusan yang dibuatnya yang berpengaruh pada tim.
  3. Fasilitator adalah seseorang yang membantu sekelompok orang memahami tujuan bersama mereka dan membantu mereka membuat rencana guna mencapai tujuan tersebut tanpa mengambil posisi tertentu dalam diskusi. Team leader efektif merupakan seorang fasilitator handal. Memiliki peran membantu anggota tim memahami tujuan mereka guna meraih target dan objektif dengan efisien.
  4. Motivator memiliki peranan yang sangat berpengaruh bagi seorang pemimpin. Motivator yang handal akan memberika motivasi kepada timnya melalui pelatihan (training), mentoring, coaching atau counselling.
  5. Adil merupakan sikap perlakuan yang sama. Kualitas team leader memperlakukan anggota tim secara adil. Dia akan konsisten dengan pengakuan dan kompensasi termasuk juga tindakan disiplin. Team leader yang adil menjamin semua anggota tim menerima perlakuan yang sama.

Faktor Yang Mempengaruhi Tujuan Team Leader

  1. Adanya tim, misi atau misi bersama, motivasi dan tujuan.
  2. Adanya tindakan, kemauan dan hasil.
  3. Kesatuan kolektif atau semangat tim.
  4. Perhatian pada individu.

Team leader juga berkontribusi dengan memimpin melalui contoh. Sejajar dengan keterampilan mendengarkan team leader bertanggung jawab untuk mengembangkan teknik intervensi untuk meningkatkan produksi tim secara keseluruhan. Menurut Shuffler (2011), bahwa tim tertentu memiliki intervensi yang jelas khusus untuk tim mereka sendiri.

Referensi
repository.uma.ac.id
https://www.academia.edu/37903612/MAKALAH_Kepemimpinan_Tim_Team_Leadership

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel