Cara Mudah Memulai Usaha Salon

Uraiantugas.com - Usaha jasa Salon Kecantikan ini tetap mampu bertahan di masa krisis ini dikarenakan pada era modernisasi ini kecantikan menjadi suatu kebutuhan sekunder yang akan mendekati kebutuhan pokok. Kebutuhan akan kecantikan ini menimbulkan munculnya berbagai macam jenis produk kosmetik pada usaha jasa Salon Kecantikan.

Baca Juga : Pengembangan Usaha Kecantikan

Cara Mudah Memulai Usaha Salon

Usaha jasa salon merupakan bisnis yang dapat dijadikan bisnis jangka panjang, dikarenakan kebutuhan fisik untuk seorang wanita dibutuhkan, bahkan seorang pria pada beberapa tahun ini sudah mulai menunjukan kebutuhan tentang diri mereka.

Baca Juga : Klasifikasi & Aktifitas Salon Kecantikan

Target pasar pada usaha Salon Kecantikan ini ditujukan kepada ibu rumah tangga, wanita karier, pelajar dan mahasiswa dikarenakan mereka yang tidak punya waktu untuk merawat diri sendiri karena memiliki kesibukan tersendiri, mereka inilah yang membuat potensi pasar usaha salon kecantikan dalam era modern ini meningkat dan berkembang.

Baca Juga : Jenis-Jenis Perawatan Salon

Hal yang harus diperhatikan sebelum membuka salon 

Jelaskan Perusahaan Anda

Tujuannya adalah untuk memiliki nilai tambah, menjadi berbeda, memiliki sesuatu yang membuat orang berpikir tentang hal unik tersebut. Apakah suasana salom Anda akan menyenangkan? Apakah minuman ringan akan ditawarkan kepada pelanggan atau saat mereka memasuki toko atau sampai mereka duduk untuk mendapatkan layanan? 

Baca Juga : Pengelolaan Usaha Salon

Cari tempat yang strategis

Kunci dari semua bisnis adalah 3L = Lokasi, lokasi, lokasi. Tanpa lokasi yang stragtegis, sebaiknya anda tunda dulu bisnis salon Anda. Matangkan dalam pencarian lokasi sebelum membuka usaha

Perijinan Legalitas

Pastikan mendapatkan perijinan lengkap demi kelancaran usaha. Kelengkapan ijin dari awal akan sangat membantu jika kelak usaha Anda tumbuh besar.

Sediakan Modal yang cukup

Mulai dari modal awal, modal bahan, dan modal operasional. 

Tenaga ahli

Salon adalah usaha jasa, jadi keahlian tenaga kerja Anda adalah hal yang sangat vital. Kadang ada pelanggan yang sangat setia dengan tukang potongnya, bukan pada salonnya. Karenanya, semakin bagus tenaga ahli yang Anda miliki, peluang sukses akan besar.

Tentukan Target Pasar Anda

Meskipun ada banyak salon kecantikan, ada berbagai jenis tergantung pada target. Beberapa misalnya, adalah untuk pria, lain untuk wanita, lain untuk keduanya dan sebagainya meskipun ide memiliki salon kecantikan ada di sana, orang harus melakukan analisis mendalam pada pesan, tentang apa yang ingin mereka komunikasikan kepada orang lain.

  • Apa yang anda inginkan untuk salon anda?
  • Apa yang ingin anda dengar saat orang lain membicarakan tentang salon anda? 
  • Apa pesan tersembunyi yang ingin salon anda katakan?
  • Kepada siapa anda ingin memberikan pesan?"

Pemasaran

Pemasaran yang unik dan menarik akan mendatangkan pelanggan di awal usaha Anda. Pastikan rencanakan pemasaran dengan sangat baik. Pada tahap ini anda harus menganalisis dan berpikir mana yang merupakan alat pemasaran terbaik untuk bisnis.