Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Fungsi Dan Tujuan Serta Tipe Salon Kecantikan

UraianTugas.Com – Secara garis besar Salon merupakan tempat untuk memperindah dan mempercantik tubuh, dengan perawatan yang baik dan bersih, maka dengan sendirinya terbentuk tubuh yang sehat. Pada kenyataannya Wanita cenderung memilih usaha yang sesuai dengan hobi wanita tersebut, salon adalah salah satu alternatif karena wanita suka merawat tubuh dan dan rambutnya sendiri. Ini terbukti dari banyaknya salon salon baru yang berkembang saat ini.

Pengertian Salon Kecantikan

Istilah salon diadaptasi dari bahasa Inggris yang bermakna ruangan atau ruang besar. Terdapat pula pengertian lain berdasar kamus saku Oxford Learner's Pocket Dictionary, yaitu tempat di mana penata rambut dan penata kecantikan bekerja.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian salon adalah ruang (kamar) yang diatur dan dihias dengan baik (untuk menerima tamu dsb). Secara umum, salon dapat dibagi menjadi dua bagian, yakni beauty salon (salon kecantikan, wajah atau tubuh) dan hair salon (salon rambut). Tetapi pemakaian kata salon saja sudah dapat mewakili keduanya. Salon merupakan tujuan masyarakat ketika hendak mempercantik diri. Oleh karena itu, ada pula istilah salon kecantikan, yaitu tempat (gedung dsb) orang merawat kecantikan (merias muka, menata rambut, dsb).

Dikutip dari wikipedia. Salon kecantikan adalah bentuk usaha yang berhubungan dengan perawatan kosmetika, wajah, dan rambut, baik untuk laki-laki maupun perempuan.[1]

Menurut Kusumadewi (2001)mengatakan bahwa salon kecantikan adalah sarana pelayanan umum untuk kesehatan rambut, kulit dan bahan dengan perawatan kosmetik secara manual, preparative, aparatif, dan dekoratif yang modern maupun tradisional tanpa tindakan operasi (bedah).

Secara umum Salon kecantikan adalah sebuah tempat usaha yang bergerak di bidang jasa kecantikan yang berhubungan dengan perawatan kecantikan dan kosmetik untuk pria dan wanita. Dimana salon kecantikan sebagai tempat untuk memperindah dan mempercantik tubuh dengan menyediakan perawatan berkaitan dengan kesehatan kulit, keindahan rambut, estetika wajah, perawatan kaki, perawatan kuku, waxing atau hair removal lainnya, dan sebagainya yang berhubungan dengan pelayanan kecantikan tubuh.

Fungsi Salon Kecantikan

Fungsi utama dari salon sendiri pastinya sebagai wadah atau tempat utama untuk menyediakan jasa dan layanan yang berhubungan dengan mempercantik fisik dan sekaligus melakukan perawatan tubuh.

Tujuan Salon Kecantikan

  1. Memberikan penampilan baru bagi klien yang ingin mengubah penampilan
  2. Mengembalikan keseimbangan tubuh dengan melakukan perawatan kecantikan. 
  3. Tempat untuk mempercantik penampilan, karena denganmempercantik penampilan dapat membuat seseorang merasa semakin percaya diri.

Tipe-Tipe Salon

  1. Beauty Salon. Tidak hanya menawarkan servis untuk rambut saja, namun juga mencakup perawatan kulit tubuh, perawatan kuku tangan dan kaki, perawatan muka, pengaplikasian kosmetik, hair removal dan sebagainya yang berhubungan dengan kecantikan tubuh.
  2. Hair Salon menawarkan servis khusus yang berhubungan dengan perawatan rambut saja, seperti pemangkasan rambut, penataan, pewarnaan, pencucian dan perawatan spesial seperti penyambungan rambut (hair extensions) atau penghilangan rambut di daerah tertentu (hair removal).
  3. Salon & Day Spa memiliki banyak kesamaan dengan beauty Salon karena terdapat segala jenis perawatan kecantikan seperti perawatan kulit tubuh, perawatan kuku tangan dan kaki, perawatan muka, pengaplikasian kosmetik, hair removal dan sebagainya. Namun pada Salon dan Day Spa juga memiliki perawatan intensif dari sebuah Spa, seperti reflexy, pemijatan tubuh, dan lainnya yang berhubungan dengan relaksasi. Adanya Salon & Day Spa memenuhi kebutuhan pelanggan yang ingin tampil cantik dan juga mendapatkan relaksasi.
  4. Barber shop merupakan salon khusus kaum pria. Tidak hanya memangkas rambut atau menata rambut pria, namun juga mencukur rambut di muka seperti kumis dan jenggot. Selain itu sekarang ini banyak barber shop yang menyediakan produk dan perawatan kesehatan rambut seperti creambath dan sebagainya.
  5. Nail Salon Walaupun di beberapa salon kecantikan telah memiliki perawatan khusus kuku, banyak terdapat Nail Salon yang memang khusus hanya untuk perawatan kuku saja dan dikerjakan oleh teknisi kuku yang biasa disebut “manicurists” atau “nailists”. Salon kuku ini menyediakan semua perawatan khusus kuku kaki dan tangan dan kesehatan kulitnya, juga Nail Art yang bervariasi.
  6. Bridal Salon. Salon khusus yang menyediakan perlengkapan khusus untuk pengantin, seperti penataan rambut, tata rias untuk pengantin bahkan lengkap dengan menyediakan banyak pilihan gaun dan jas untuk pengantin beserta aksesorisnya.
  7. Tanning Salon. Salon ini banyak ditemukan di negara barat yang mayoritas penduduknya berkulit putih yang menginginkan kulit mereka menjadi kecoklatan tanpa harus berjemur di bawah terik matahari. Salon ini menyediakan sunbed atau tanning bed yang akan mengeluarkan sinar UV yang dapat membuat kulit menjadi coklat. Selain itu, salon ini juga menyediakan Sunless Spray Tanning yaitu teknik pencoklatan kulit tanpa sinar matahari atau UV buatan, namun hanya dengan memakai spray khusus yang merupakan bahan kosmetik yang disemprotkan ke kulit dan mempunyai efek yang terlihat sama dengan mencoklatkan kulit memakai sinar UV.


Sumber
[1] https://www.lexico.com/definition/beauty_salon